Tanya Dokter

  • Mual, pusing, perut sakit dan sembelit

  • Hallo dok.. Akhir akhir ini saya sering mual, perut sakit, sembelit, merasa lelah terus ditambah pusing. kira - kira gejala sakit apa ya dok?

    Haii Putri,

    Apakah dalam sehari atau beberapa hari terakhir Anda masih bisa kentut atau buang air besar?

    Gejala-gejala yang Anda alami sesungguhnya sangat umum pada kebanyakan kondisi, misalkan saja sindrom dispepsia (maag), sindrom premenstruasi.

    Meskipun demikian, bisa juga kondisi Anda merupakan bagian dari sembelit yang Anda alami. Sembelit sendiri merupakan kondisi ketika frekuensi BAB jarang dengan kotoran yang keras sehingga sering harus mengejan, dan dapat disertai dengan rasa mual, perut kembung, dan sakit perut. Untuk mengatasi hal ini, pola hidup harus diubah dengan mengonsumsi lebih banyak serat dan air putih. Dapat juga diatasi dengan menggunakan obat-obatan pencahar.

    Apabila dengan langkah-langkah tersebut keluhan Anda belum juga mengalami perbaikan, sebaiknya Anda lekas memeriksakan diri ke dokter untuk memperoleh pemeriksaan fisik secara langsung dan mendapatkan penanganan yang tepat sesuai perkiraan penyebab yang disangkakan oleh dokter.

    Semoga membantu,

    Terima kasih