Tanya Dokter

  • Penyebab mual setiap kali gugup

  •  sherylgweneve
    Anggota
    Halo dok! Saya mau nany...setiap kali saya gugup atau takut selalu mual dan tidak ingin mengerjain sesuatu. Contoh saya: setiap kali saya les ballet gitu, selalu terasa mual, tetapi tidak lama gk mual. Mengapa saya baru merasakan ini, tetapi dulu saya tidak...sy sudah merasa ini dari 5 bulan yg lalu samapi sekarang. Gimana mengatasi atau mengobatinya kalau begini?

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Keluhan yang anda alami disebabkan oleh gangguan psikosomatis. Kondisi stress berlebihan / banyak beban pikiran yang kemudian menyebabkan banyaknya gejala fisik, dapat berupa jantung berdebar, nyeri ulu hati, mual muntah, perut mulas, nyeri kepala dan lain sebagainya.

    Pada pasien dengan gejala psikosomatik, seringkali dari pemeriksaan dokter tidak dapat ditemukan kelainan yang mendasari karena penyebabnya adalah stress yang dialami pasien.

     

    Sebaiknya apabila keluhan fisik dirasa mengganggu aktifitas sehari-hari, anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kesehatan jiwa dan menceritakan keluhan-keluhan anda maupun beban pikiran yang anda miliki. 

    Apabila dari sesei wawancara ternyata keluhan fisik memang bersumber dari beban pikiran anda, dokter kemungkinan akan melakukan konseling maupun memberikan obat untuk mengatasi keluhan anda.

     

    Beberapa anjuran untuk anda lakukan dirumah :

    -Kelola stress anda dengan baik

    -Mencoba menceritakan permasalahan anda pada orangtua atau teman yang dapat anda percayai. Mintalah saran dan masukan dari mereka mengenai kondisi anda.

    -Hindari konsumsi makanan asam atau pedas karena merangsang asam lambung

    -Hindari kopi, teh dan minuman bersoda

    -Beristirahat malam minimal 8 jam setiap malam

    -Minum air putih minimal 3liter/hari

    -Berusahalah untuk mengalihkan pikiran anda dari sumber kekhawatiran

    -Mengikuti kelas meditasi seperti yoga atau pilates

    -Konsumsi obat lambung untuk meredakan gejala misalnya antasida

     

    Semoga bermanfat

    Salam, dr.Natalia