Tanya Dokter

  • mual setelah minum OAT 1 minggu

  •  Dewi Andini
    Anggota

    malam dok,, saya mau tanya mengenai saya suka mual setelah minum obat OAT, saya baru mnjalani obat ini 1 minggu, awalnya nafsu mkan saya tinggi,setelah dapat haid, tiba2 tubuh saya melemas dan nafsu mkan pun berkurang,, setiap di isi mkan sblum minum obat saya muntah ,,apakah itu reaksi OAT atou ada penyebab lain, trus buat penderita TBC boleh tidak di bantu minun susu stril seprti,susu bearband,, trima kasih dok seblumnya, dan mohon jawab prtanyaan ny,,

    Hai Dewi, Obat Anti Tuberkulosis, merupakan suatu gabungan antibiotik yang digunakan dalam mengeradikasi kuman Mycobacterium tuberculosis. Jenis obat tersebut adalah rifampicin, isoniazid, pyrazinamid, dan etambutol. Obat-obatan anti tuberkulosis tersebut memiliki beberapa efek samping. Beberapa jenis efek samping tersebut adalah sebagai berikut:

    • Isoniazid, memiliki efek samping neuropati perifer, hepatitis, ruam di kulit, dan nyeri sendi
    • Rifampicin, memiliki efek samping pusing, mual dan muntah, kram perut, hepatitis, ruam kulit dan gejala seperti flu
    • Pirazinamid, memiliki efek samping gout, artritis, dan hepatitis
    • Etambutol, memiliki efek samping neuritis retrobulbar, kurang jeli melihat warna apabila dikonsumsi lebih dari 2 bulan.
    Keluhan yang Anda rasakan, kemungkinan besar adalah efek samping dari penggunaan OAT. Namun untuk memastikan hal tersebut, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, kemudian menentukan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi pasien. Susu boleh diminum bagi penderita TB, namun agar penyerapannya sempurna, sebaiknya diberikan jeda waktu dengan konsumsi antibiotik. Bolehkah minum susu formula setelah minum obat Demkikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha

    Dewi Andini  Dewi Andini
    Anggota

    oh gitu yah dok,, trus klo saya muntah trus bagai mana dngan penyerapan OAT ny itu di tubuh saya,, meskipun sudah mengendap selama 2 jam d dalam tubuh saya tp termuntahkan lg,, apa tidak apa" dok,, klo mencium aroma yg bau2 saya langsung kontan muntah dok,, kadang saya suka d bantu dengan mkan buah jeruk biar eneg ny ilang, bagai mna cara mengatasi nya dok tolong infonya

    Halo, Dalam waktu 2 jam setelah diminum, obat OAT mencapai konsentrasi tertinggi didalam serum/ darah. Jadi sudah terserap. Akan tetapi jika keluhan yang Anda rasakan dirasa mengganggu, ada baiknya untuk mengunjungi dokter. Dokter akan membantu Anda mengatasi keluhan yang Anda rasakan tersebut. Demikian semoga membantu dr. Agatha

    Dewi Andini  Dewi Andini
    Anggota

    tolong d jawab cepet yah dok,, soalny ini penting,, dok saya minum obat td pagi jam 9,obat yg saya minum ISONiAZID,,tp barusan jam 10 sy muntah,obat itu udah mengendap apa blom dalam tubuh,soal nyakan sya tidak boleh trlewat minum obat,trus yg brusan sya muntah bnyak gmna dok ,apa yg hrus sya lakukan,apa sya minum obatny lg pa minum obat yg siang jam 12, ETHAMBUTOL,,bagai mna dok,, tolong d jawab cepat, trimalasih