Tanya Dokter

  • Mual berkurang saat hamil muda, wajarkah?

  •  wychhazell15
    Anggota
    halo dok, saya sedang hamil 6minggu 6hari. saya didiagnosa dokter mengalami kehamilan yang lemah karena adanya ‘openning’ atau semacamnya. minggu lalu saya mengalami flek selama 3hari namun flek coklat. bukan flek darah jelas. selama 2 hari ini , mual saya sangat berkurang dok. apakah itu bahaya? sehubungan dengan kehamilan saya yang lemah dan saya baca bawa salah satu ciri keguguran adalah mual yg berkurang. tolong di bantu dok karena check up saya aelanjutnya masih 3minggu lagi menunggi perkembangan janin, dan saya agak panik.

    Halo wychhazell15.....

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, mual pada saat kehamilan merupakan hal yang normal terjadi oleh karena pengaruh perubahan hormon di dalam tubuh wanita hamil. Jika mual menghilang atau berkurang, sebenarnya tidak perlu khawatir terlebih dahulu, karena bisa saja hal ini terjadi karena tubuh sedang melakukan penyesuaian dengan bertambahnya usia kehamilan.

    Sedangkan kondisi pendarahan yang terjadi pada kehamilan muda, dapat disebabkan oleh : setelah berhubungan seksual, infeksi pada organ intim, perubahan hormon, ancaman keguguran, kehamilan atopik atau kehamilan di luar kandungan, kehamilan anggur.

    Jika memang ancaman keguguran, biasanya pendarahan yang terjadi lama kelamaan jumlahnya akan semakin banyak ( dapat juga disertai keluarnya jaringan atau gumpalan seperti darah ), Dan juga di sertai dengan rasa sakit pada perut bagian bawah.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara : meminimalisir waktu berdiri dan berjalan, tidur dan istirahat yang cukup, jika Anda bekerja mintalah izin tidak masuk, hindari melakukan hubungan seksual terlebih dahulu selama pendarahan berlangsung, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 Liter perhari.

    Apabila Anda khawatir berlebih akan hal ini atau pendarahan terus berlangsung dan semakin banyak, maka Anda dapat saja menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda walaupun jadwal kontrol Anda belum tiba,  sehingga Anda dapat dilakukan serangkain penanganan lebih lanjut.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati