Tanya Dokter

  • Mudah lelah, suka ketakutan, panik, gemetaran

  •  ianaja66
    Anggota

    assalamualaikum dok..

    saya mau tanya kenapa di saat saya mengalami masalah saya mudah panik dan tidak bisa mengontrol dengan baik.

    dan suka gemetaran saat di tanya.

    padahal itu masalah bukan masalah besar.

    saya sangat sering sekali mengalami ini.

    begitupun saat saya bertanya disini.. saya merasa agak takut ke dokter untuk memeriksa kondisi saya. ( yang saya takuti memiliki penyakit yang besar )

    saya mudah lelah, merasa ketakutan, mudah panik, dan suka gemetaran saat mengalami masalah.

    apa saya mempunyai penyakit?

    tambahan untuk penyakit saya :

    -agak sesak nafas

    -agak pusing

    -agak stress

    -hidup terasa tidak bebas

    terimakasih semoga dokter menjawab dan beri solusi yang baik.

    Halo Ian

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Setiap manusia pasti akan mengalami masa dimana penuh tekanan atau merasa tertekan. Dan dari situ pula manusia akan terus belajar dan berkembang setiap harinya. Dan selalu ingatlah bahwa seseorang tidak akan diberikan suatu ujian atau cobaan yang melampaui kemampuannya sebagai seorang manusia.

    Pada beberapa orang memang sering terjadi suatu gangguan panik. Gangguan panik ini terjadi ketika seseorang tersebut dihadapkan pada satu masalah tertentu didalam hidupnya. Dan masalah tersebut jelas. Misalnya seseorang yang diminta untuk memberikan pidato atau kata sambutan di hadapan orang banyak. Terkadang akan timbul rasa panik sekitar 15-20 menit yang ditandai dengan rasa berdebar, terkadang sesak nafas, serta ada perasaan ingin mati. Namun terkadang pada beberapa orang timbul suatu gangguan yang dikenal dengan gangguan kecemasan menyeluruh. Hal ini terjadi tanpa sebab yang pasti, hanya saja seseorang tersebut seringkali merasakan cemas yang dapat berlangsung dalam waktu satu hari penuh.

    Beberapa kondisi diatas pasti bergantung pada tipe kepribadian masing-masing orang. Seseorang dengan kepribadian yang obsesif cenderung untuk mengalami gangguan ini pada kemudian harinya. Namun tetap sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis jiwa untuk membicarakan berbagai macam keluhan yang Anda rasakan. Karena pada dasarnya untuk memastikan jenis gangguan yang terjadi pada Anda membutuhkan beberapa sesi konseling. Pada saat melakukan konseling, Anda tidak perlu takut dan cemas dalam menceritakan segala perasaan yang Anda rasakan dan berbagai hal yang sekiranya mengganggu Anda. Dan perlu diingat, apapun yang Anda ceritakan sifatnya rahasia antara Anda dan dokter Anda nantinya. Dan tidak perlu merasa kalau Anda memiliki suatu gangguan kejiwaan dan nantinya akan dihakimi oleh para dokter atau teman-teman Anda. Karena pada dasarnya memang setiap orang akan memiliki masalahnya masing-masing dan akan menemukan jalan keluar sedini mungkin bila berusaha. Jadi anggaplah ini salah satu usaha Anda untuk mengatasi masalah yang terjadi pada hidup Anda sekecil apapun atau sebesar apapun masalahnya.

    Selain itu untuk sesak nafas, agak pusing, dan agak stress mungkin disebabkan oleh pemikiran Anda atau kondisi psikis Anda. Karena ada kondisi yang dinamakan penyakit psikosomatis, yaitu, munculnya gejala fisik yang berawal dari pemikiran seseorang. Jadi, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kejiwaan atau psikolog untuk membantu Anda melewati masa ini.

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati