Tanya Dokter

  • Solusi untuk mudah lelah

  •  ervina
    Anggota

    Hai dok... Bulan kemarin Saya mengalami gangguan di lambung dan usus.. Dan saya pernah disarankan untuk kolonoskopi oleh seorang dokter. Namun sempat urung karena setelah makan resep obat dari dokter saya merasa lebih baik. Namun saat ini lambung saya akan terasa perih kalau makan mie sedikit, dan saat ini sudah 1 minggu belum bab. dan tubuh saya jadi mudah lelah membuat segala tugas jadi terbengkalai. Mohon tips dan sarannya!

    ervina  ervina
    Anggota

    Mohon djwab dok. Lebih baik cek kolonoskopi saja atau bagai mana ?

    Hai Ervina Kolonoskopi adalah pemeriksaan endoskopi pada daerah kolon (usus besar), yaitu dengan cara memasukan selang dari dubur yang terdapat kamera kecil untuk melihat kondisi dinding dan rongga usus besar. Kolonoskopi dilakukan pada kecurigaan perdarahan, peradangan, dan tumor pada usus besar. Gejala-gejala yang dapat dipertimbangkan untuk dilakukan kolonoskopi, antara lain:

    • BAB berdarah tanpa sebab yang jelas
    • Mencret berulang atau sulit BAB tanpa sebab jelas
    • Perdarahan yang keluar dari dubur/anus.
    Sedangkan untuk memeriksakan keadaan dinding lambung, pemeriksaan yang dilakukan adalah endoskopi bagian atas, tekniknya sama seperti kolonoskopi namun selang dimasukan melalui mulut. Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung pada dokter Anda untuk apa diperlukan pemeriksaan tersebut dari gejala yang Anda alami. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut: Khawatir kanker usus?. Lakukan kolonoskopi. Semoga membantu ya. Terima kasih.   dr.Yan william