Tanya Dokter

  • Pengobatab wajah berjerawat

  • Dok,, saya sekarang menggunakan crim racikan dari dokter kulit untuk muka berjerawat.. penggunaan minggu pertama buat krim pertama tidak ada masalah, penggunaan minggu kedua dengan tambahan krim lain nya muka saya malah tumbuh banyak jerawat baru.. itu kenapa ya dok? apa kah mungkin bisa melakukan detox muka menggunakan krim dokter? Thank you dok..

    Halo Firda, 

    Pengobatan jerawat dengan obat dan metode apapun membutuhkan kesabaran dan kedisiplinan. Langkah Firda berkonsultasi ke dokter sudah tepat.  Meski begitu, tidak semua orang cocok dengan suatu zat yang terdapat pada obat. Kadang, perlu berkali-kali berganti obat untuk mendapatkan hasil yang sesuai.

    Reaksi pada muka Firda harus dilihat secara langsung untuk menentukan penyebabnya. Sebagian krim muka untuk jerawat mengandung zat yang dapat menyebabkan purging, yaitu kulit tampak seperti lebih parah/lebih banyak jerawat dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan krim mengandung zat-zat yang dapat mempercepat pengelupasan dan regenerasi kulit. Komedo yang sebelumnya sudah terbentuk, akan cepat berubah menjadi jerawat sehingga muka tampak lebih parah. Tetapi komedo-komedo baru tidak terbentuk dan lambat laun kulit akan terlihat membaik. 

    Meski begitu, bisa saja Firda tidak cocok dengan pengobatannya sehingga timbul keluhan yang dirasakan saat ini. Pada sebagian orang, krim tertentu dapat menyebabkan iritasi atau alergi. 

    Saat ini sebaiknya Firda ke dokter untuk memastikan penyebabnya. Jika memang yang Firda alami adalah reaksi purging, biasanya krim akan tetap diminta dilanjutkan. Jika alergi/iritasi, maka dokter akan memberikan pengobatan pada Firda. 

    Baca juga topik lengkap mengenai jerawat pada artikel: Jerawat

    Semoga bermanfaat ya, 

    dr. Mega