Tanya Dokter

  • Muka beruntusan dan mengatasinya

  •  Diba
    Anggota
    Malam dok. Saya masih berumur 20th, dok saya mempunyai keluhan jerawat sejak smp, pernah hilang saat saya memasuki sma, namun tak bertahan lama kemudian muncul lagi sampai sekarang. Sekarang saya menggunakan obat dari salah satu dokter ditmpt saya tinggal, pada awalnya jerawat saya perlahan hilang, namun saat sudah hampir 2 tahun memakai obat dokter tsb, muka saya mulai mengeluarkan jerawat kecil2 seperti beruntusan muka terlihat gersang dan kasar. Apakah obat yang dberi dokter tsb sudah tidak mempan atau obat tsb sudah menyebabkan alergi pada wajah saya, mohon anjuran obat salep yang dapat saya pakai, terima kasih dok

    Halo Diba.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui, bruntusan pada wajah timbul oleh karena reaksi wajah terhadap suatu rangsangan baik dari internal maupun eksternal yang akhirnya menimbulkan reaksi radang di sekitar wajah.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat menimbulkan beruntusan pada wajah, yaitu : penggunaan produk - produk perawatan wajah tertentu yang mengiritasi wajah, paparan polutan terhadap wajah, ketidakseimbangan hormonal, alergi, efek penggunaan obat - obatan tertentu yang rutin dikonsumsi dan memicu hal ini.

    Oleh karena sebelumnya Anda telah memakai produk perawatan wajah dari dokter, solusi yang terbaik adalah dengan menemui dokter yang telah menangani Anda, dan mendiskusikan masalah ini agar Anda dapat diberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi wajah Anda saat ini.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang telah Anda temui nantinya, selalu jaga kebersihan muka, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, hindari makanan yang pedas dan berlemak, kelola stress psikologis, hindari menggunakan kosmetik yang berlebihan, minum air putih minimal 2 Liter perhari.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati