Tanya Dokter

  • Bentol merah dan gatal pada wajah

  •  thelauv
    Anggota
    Dok, udah beberapa hari ini muka saya memiliki bentol merah dan gatal. Saya udah pake obat alergi yang saya punya. Incidal dan cetirizine kalo ga salah namanya. Tapi masih gatal. Dan kalo di garuk keluar lagi bentol merahnya walaupun samar2. Setau saya, saya alergi ayam. Tapi tidak pernah separah ini. Dan kebetulan saya baru pulang dari inggris skrg saya di malaysia. Ini kenapa ya dok? Karena makanan atau cuaca? Mohon penjelasannya

    Halo thelauv.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Jika Anda memang mempunyai riwayat alergi sebelumnya, maka gejala yang Anda alami saat ini memang dapat saja mengarah ke suatu kondisi alergi, dimana merupakan suatu reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya walaupun sebenarnya tidak berbahaya. Hal Ini dapat berupa substansi yang masuk ataupun bersentuhan dengan tubuh.

    Alergen atas substansi pemicu alergi hanya berdampak pada orang yang memiliki alergi tersebut. Pada orang lain, alergen tidak akan memicu reaksi kekebalan tubuh. Beberapa jenis substansial dapat menyebabkan reaksi alergi meliputi makanan atau minuman tertentu, gigitan serangga atau binatang, debu, serbuk Sari, cuaca, dan lain sebagainya.

    Selain rasa gatal pada kulit, umumnya alergi juga dapat menimbulkan gejala - gejala tertentu, di antaranya adalah : bersin - bersin, batuk - batuk, sesak nafas, hidung beringus, terjadinya pembengkakan di bagian tubuh, Gatal dan merah pada mata, sakit perut, muntah - muntah, diare.

    Jika sampai saat ini gangguan kesehataan kulit masih saja terjadi, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit kulit, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat berikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati