Tanya Dokter

  • Menghilangkan ketombe dengan cuka apel

  •  sahlasan
    Anggota

    dok, saya kan lagi coba menghilangkan ketombe dengan menggunakan cuka apel, setelah saya menggunkan cuka apel dan keramas,saat saya ngaca dilihat muka saya merah merah. apa itu pengaruh karena cuka apel? atau bgaimana dok? lalu menghilngn nya bgaimana?
    terimakasih

    Halo,

    Munculnya ruam- ruam merah di wajah, dapat saja disebabkan oleh iritasi pemakaian cuka apel, terutama bila Anda sedang menjalani rangkaian perawatan peremajaan kulit wajah (yang biasanya ada tahap pengelupasan kulit) atau memiliki kulit yang cenderung sensitif . Namun kemerahan di wajah dapat juga disebabkan oleh :

    1. Alergi makanan dan bahan yang menempel pada kulit atau alergi yang dipicu misalnya oleh udara dingin.
    2. Biduran merupakan kelainan kulit berupa bentol di kulit berwarna merah ataupun putih, berupa bentol luas yang menyerupai pulau, hilang timbul, sangat gatal.
    3. Gigitan serangga.
    4. Infeksi kulit wajah yang disebabkan virus /jamur/bakteri.
    5. Penyakit Autoimun  yang mengenai kulit misal Psoriasis.
    6. Masalah psikologis seperti kecemasan dan gangguan suasana perasaan, yang memicu alergi/kelainan kulit.

    Coba lakukan dahulu penanganan sederhana di rumah dengan lakukan tips berikut agar kemerahan mereda :

    • Untuk sementara waktu, hentikan semua produk yang digunakan/mengenai kulit di area wajah. Hindari penggunaan make up.
    • Bersihkan wajah cukup 2x/hari. Gunakan sabun wajah tanpa aroma dan busa, pilih yang sesuai jenis kulit Anda. Mencuci wajah lebih dari 2x dalam sehari akan menghilangkan minyak alami kulit wajah sehingga menyebabkan kulit terkelupas merah iritasi karena kering.
    • Sesudah membersihkan wajah, gunakan pelembab wajah secara teratur pagi dan malam hari. Pilih pelembab yang hipoalergenik dan mengandung bahan untuk meredakan kulit yang mengelupas seperti aloe vera, madu, rumput laut.
    • Kompres dingin wajah Anda bila wajah terasa perih dan panas.
    • Sementara hentikan pembersihan wajah dengan scrub. Anda boleh menggunakan masker 1x dalam seminggu, bila kulit wajah Anda sudah pulih benar. Masker boleh Anda buat dari bahan-bahan alami yang kaya akan vitamin dan mineral yang menjaga kelembaban kulit.
    • Selalu gunakan topi/pelindung wajah dan tabir surya ketika beraktivitas antara jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Pilihlah tabir surya sesuai jenis kulit Anda, perhatikan petunjuk pemakaian tabir surya pada kemasan dan pakai sesuai aturan.
    • Jalankan Pola Hidup Sehat dengan makan makanan Bergizi SeimbangBerolahraga secara teratur, mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup, beristirahat dengan cukup di malam hari (minimal 7 jam) dan mengelola stress dengan bijaksana. Pola hidup sehat sangat berpengaruh pada kesehatan dan kondisi kulit.

     

    Bila keluhan kulit merah disertai gatal,perih, kulit mengelupas dan area kulit wajah yang terkena luas, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke Dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan medis yang menyeluruh dan cermat.Dokter akan melakukan tanya jawab medis mendetail mengenai keluhan yang Anda alami, riwayat penyakit yang pernah Anda alami serta melakukan pemeriksaan fisik, khususnya pemeriksaan kulit di area wajah.

    Bila diperlukan Dokter akan menyarankan Anda melakukan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, tes alergi, dan tes kulit untuk melihat pencetus alergi/iritasi.Pengobatan akan disesuaikan berdasarkan diagnosis dan penyebab keluhan ruam kemerahan di kulit.

    Lebih Lengkap mengenai Iritasi Kulit dapat Anda baca dalam artikel Alodokter dengan klik di sini.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr. Caecilia Haryu Aryapti .