Tanya Dokter

  • Apa yang harus diwaspadai dari multiple miloma?

  •  h3ndr4pd
    Anggota

    pagi dokter... dok, kangker multiple miloma (MM) itu apa? bagaimana cara penyembuhamnya..??(apakah bisa sembuh) apa yng harus diwaspadai jika sudah di fonis kangker MM...? harapan hidup penderita kengker MM ini berapa lama..? sekian terima kasih.

    Hai,   Multiple myeloma adalah salah satu tipe kanker yang menyerang sel darah. Sel darah yang diserang adalah sel darah putih pada sumsum tulang. Sel kanker pada sumsum tulang berakumulasi dan memproduksi sel darah putih secara berlebihan serta memproduksi protein abnormal yang bisa merusak tubuh secara keseluruhan. Tidak seperti sel darah normal yang tumbuh dan mati setelah beberapa waktu, sel kanker ini terus hidup dan akhirnya menyebabkan sel darah putih semakin banyak dan menumpuk dan akhirnya mendesak/ menyerang sel darah lain yang sehat dan bisa menyebabkan keluhan seperti kondisi kelelahan kronis , anemia dll. Tidak ada obat untuk menyembuhkan MM ini, namun dengan pengobatan yang tepat dan adekuat maka kondisi pasien bisa dikontrol dengan baik dan memiliki harapan hidup yang lebih tinggi. Penyebab MM hingga saat ini masih belum jelas, namun faktor mutasi genetik berperan dalam berbagai penelitian yang dilakukan yang akhirnya merujuk pada terjadinya MM. Jika dalam keluarga Anda terdapat riwayat penyakit ini maka kemungkinan Anda atau anggota keluarga lain terkena akan menjadi lebih tinggi, Usia > 65 tahun dan Kegemukan (obesitas) juga bisa menjadi faktor resiko pada orang untuk terkena penyakit ini. Gejala yang dikeluhkan oleh penderita MM ini adalah :

    1. Nyeri tulang
    2. Kelemahan / kesemutan / baal pada kaki
    3. Penurunan berat badan
    4. Mudah terserang infeksi
    5. Kelemahan
    6. Mual
    7. sering merasa haus
    8. dll
    Yang harus diperhatikan pada orang yang telah divonis MM adalah :
    1. Mencegah terjadinya infeksi = penderita MM mudah sekali terserang infeksi karena sel darah putih yang seharusnya memperoduksi antibodi diserang oleh sel kanker. Sehingga antibodi pada penderita MM sangat rendah. Penggunaan vaksinasi pada beberapa penyakit munfkin diperlukan agar Anda bisa terhindar.
    2. Timbulnya gangguan pada Tulang = penderita MM bisa mengalami osteoporosis dimana tulang menjadi mudah patah dan tipis. Pemberian obat obatan khusus akan membantu mengurangi resiko terjadinya keusakan pada tulang.
    3. Timbulnya kerusakan pada ginjal = penimbunan protein yang dihasilkan sel kanker dan tingginya kadar calsium dalam darah akibat MM bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal menuju gagal ginjal. Pengobatan dengan dialisa / cuci darah akan diperlukan jika gagal ginjal sudah cukup parah.
    4. Anemia = penderita MM bisa menjadi anemia karena sel kanker yang berproduksi berlebihan menyerang sel darah merah yang sehat.
    Pengobatan MM biasa dilakukan pada saat penderita mulai merasakan gejala dari MM tersebut. Jika Anda baru terdiagnosa tanpa adanya keluhan berarti maka biasanya pengobatan belum akan dilakukan, namun dokter akan menganjurkan Anda untuk terus memonitoring perkembangan dari penyakit ini. Pengobatan MM meliputi :
    • Kemoterapi
    • Obat- obat khusus untuk meningkatkan imunitas
    • terapi stem cell
    • Kortikosteroid
    • radioterapi
    • Makan gizi seimbang
    • Istirahat cukup
    • Olahraga
    • dll
    Pemilihan jenis pengobatan akan disesuaikan dengan kondisi masing masing individu. Tanyakan secara mendetil mengenai pilihan terapi terbaik untuk kasus Anda. Tidak ada angka pasti mengenai harapan hidup penderita MM, namun dengan pengobatan adekuat maka harapan hidup pasien MM bisa lebih baik. Semoga membantu.   dr. Yusi