Tanya Dokter

  • Muncul'nya Herpes & Pori-pori tersumbat

  • Selamat malam dok.

    1). Saya ingin bertanya, jika herpes zooster mengenai suatu bagian misal paha terus mengering & sembuh apakah akan terjadi herpes lagi suatu saat diarea paha bekas kena herpes tersebut?

    2). Dok obat untuk mengecilkan pori-pori wajah & minyak berlebihan itu apa dok? Di muka banyak sekali jerawat seperti minyak yang mengental gitu..

    Mohon penjelasan & sarannya dok :)

    Hai, Herpes zoster disebabkan oleh infeksi virus varisela zoster. Virus tersebut bersifat menetap di persarafan tubuh. Saat terjadi reaktivasi, maka herpes zoster dapat kambuh lagi, misalnya saat daya tahan tubuh kurang bagus atau kondisi stres. Untuk mengatasi jerawat, cobalah untuk menjaga kebersihan dan cuci wajah secara rutin. Produk jerawat yang dijual bebas, seperti yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat dapat membantu mengatasi minyak berlebih dan pengelupasan kulit. Gunakan produk kosmetik yang tidak mengandung minyak. Hindari memencet sendiri jerawat yang timbul. Jika jerawat belum membaik, sebaiknya Anda periksa ke dokter. Jika diperlukan, dokter dapat memberikan resep antibiotik maupun teknik perawatan jerawat yang lain. Halaman berikut membahas Preferensi tepat menghilangkan jerawat   Semoga bermanfaat, dr. Jessica

    Apakah herpes akan muncul kembali dibagian bekas herpes yang sudah mengering? Terus obat yang dianjurkan untuk mengatasi rasa gatal setelah pasca herpes mengering apa dok?

    Hai, Saat reaktivasi, bisa saja herpes muncul kembali di tempat tersebut. Obat yang mengandung antihistamin, seperti loratadine, cetirizine, dapat diberikan untuk mengurangi rasa gatal.   Salam, dr. Jessica