Tanya Dokter

  • Hasil TP dan muncul bintik merah terasa gatal setelah mencukur rambut vagina

  •  Nuri Apoy
    Anggota
    Dear dokter, ada 2 pertanyaan yang ingin saya ajukan. 1. Apakah mungkin hasil TP salah? HPHT saya 27/9/17, perut dan payudara terasa sakit 3x saya TP positif, tapi hari ini cek ke dr kandungan hasil usg tidak terlihat hanya ada penebalan rahim saja. Tahun lalu saya mengalami KET dan pengangkatan tuba kanan. 2. Kenapa ya dok jika saya mencukur bulu (maaf) kemaluan, setelahnya pasti muncul bintik gatal dan perih.

    Hai Nuri,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Hingga kini, belum tersedia alat testpack yang memiliki sensitifitas sangat tinggi, hingga bisa memastikan 100% kehamilan. Artinya, meski kecil, testpack masih mungkin mengalami kesalahan. Karenanya, untuk mengkonfirmasi hasil pemeriksaan testpack diperlukan pemeriksaan USG (ultrasonografi), oleh dokter spesialis kandungan.

    Hasil testpack yang positif namun tidak didukung dengan adanya tanda kehamilan pada pemeriksaan USG (misalnya tampak kantung kehamilan atau rangka janin) disebut dengan "false positive pregnancy test". Penyebabnya bisa karena:

    • Prosedur testpack yang tidak tepat, misalnya:
      • Mencelupkan alat testpack terlalu lama ke dalam urin
      • Membaca hasil testpack terlalu lama setelah dicelupkan ke dalam urin
    • Urin terkontaminasi oleh bakteri
    • Efek samping obat, dan sebagainya

    Hasil testpack ini semestinya tidak berkaitan dengan riwayat KET dan pengangkatan tuba yang sudah terjadi cukup lama.

    Kami sarankan, Anda melakukan penanganan sesuai anjuran dokter, misalnya jika dokter meresepkan beberapa jenis obat hormonal. Selain itu, untuk membantu melancarkan menstruasi, lakukan juga pola hidup yang sehat, yakni dengan istirahat teratur, rajin berolahraga, makan makanan sehat dan bergizi, serta hindari stres. Jika setelah obat habis menstruasi tetap tidak datang, Anda bisa memeriksakan diri kembali ke dokter spesialis kandungan ya..

    Mencukur bulu kemaluan hingga habis bisa menyebabkan pori-pori kulit menjadi terbuka. Pori-pori yang terbuka ini bisa dimasuki oleh bakteri dan memicu reaksi peradangan di akar rambut, atau dalam dunia medis disebut juga dengan folikulitis. Hal inilah yang mungkin memicu bintik gatal dan perih di kelamin Anda.

    Di samping itu, bintik tersebut mungkin juga disebabkan oleh infeksi jamur, virus, parasit, dermatitis alergi, erupsi obat, dan sebagainya.

    Sebaiknya, Anda hindari mencukur bulu kemaluan hingga habis tak bersisa. Selain itu, jaga selalu kebersihan organ intim Anda dengan membilas menggunakan air bersih seusai buang air, menggunakan celana yang bersih, serta menghindari seks bebas. Jika bintik tidak kunjung hilang, jangan ragu untuk memeriksaannya ke dokter ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah