Tanya Dokter

  • Penyebab anak muntah setelah bangun tidur

  •  Ayu Firdaus
    Anggota

    dok..anak saya umur 2th 2 bln td pagi bangun tidur muntah2 intensitas muntah bisa sekali per menit, tp tdk berlangsung lama..dy sma sekali belum pernah seperti ini...bayipun dy jrg sekali gumoh. Dy memang sufor sejak umur 1 th, tp tdk pernah ada masalah jg dgn sufornya.
    pertanyaan saya..apakah anak saya ada indikasi alergi sufor atau bgmn..?
    TERIMA KASIH

    Halo Ayu.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang dialami oleh anak anda dengan keluhan utama berupa muntah aku yang dalam bahasa medis disebut sebagai vomitus, paling sering disebabkan oleh karena yang dalam bahasa medis disebut sebagai gastroenteritis.

    Gastroenteritis sendiri merupakan suatu Peradangan pada sistem pencernaan ( usus ) dimana dipicu oleh karena infeksi mikroorganisme seperti virus / jamur/ bakteri/ parasit.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, kondisi yang anak anak alami dapat saja disebabkan oleh karena : alergi susu, anak tidak sengaja menelan substansi beracun, alergi makanan atau minuman tertentu, Peradangan pada usus buntu, infeksi saluran kemih, infeksi telinga, stress atau cemas, meningitis, dan lain sebagainya.

    Jika sampai saat ini muntah masih saja mengalami kekambuhan dan semakin memburuk, maka kami sangat menyarankan untuk segera membawa anak Anda menemui dokter spesialis penyakit anak, dan mendiskusikan masalah ini, agar dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati