Tanya Dokter

  • Muntah Darah saat Hamil Muda

  •  nuraulia
    Anggota
    Assalamu'alaikum dok, saya saat ini sedang hamil 10 minggu. Sebelum hamil saya punya riwayat maag. Sejak minggu ke-5 saya sudah mulai muntah2 dan saat ini semakin parah. Hampir semua makanan tidak ada yg mau masuk, pasti muntah sehingga badan saya lemas, pipis pun hanya keluar sedikit dan berwarna oren pekat (agak coklat). Nah seminggu terakhir muntah saya pun disertai darah coklat kehitaman, ini membuat semakin tidak nyaman karena saat muntah rasa dan baunya amis. Setelah muntah darah dada/tenggorokan saya serasa panas & ditusuk2 atau semacam ada yg mengganjal yg membuat saya sulit tidur.... apa yg harus saya lakukan dok untuk mengatasi masalah ini?

    Walikum salam Nuraaulia, saya dr. Nurmarwiyah akan menjawab pertanyaan Anda pada Alodokter,

    Mual dan muntah muntah pada saat terjadi kehamilan merupakan suatu hal yang cukup sering terjadi. Muntah dan mual biasanya paling sering terjadi pada trimester pertama kehamilan ( 3 bulan pertama). Penyebab pasti dari mual dan muntah selama kehamilan belum diketahui secara pasti. Mual muntah pada saat hamil disebut sebagai Hiperemesis gravidarum ( HEG) atau biasa dikenal sebagai morning sickness. HEG merupakan suatu keadaan yang tidak boleh diabaikan. Biasanya wanita yang mengalami HEG akan mengalami muntah muntah hebat yang lama kelamaan dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi. Beberapa gejala yang ditimbulkan HEG seperti:

    • Mual dan muntah
    • Pusing
    • Sakit kepala
    • Jantung berdebar debar
    • Sangat sensitif terhadap aroma

      Dan berdasarkan gejala yang anda alami, Hamil 10 minggu dengan riwayat sakit maag, disertai adanya muntah muntah, lemas, pipis sakit dan keluar sedikit sedikit , air kencing pekat , muntah disertai darah coklat kehitaman, kemungkinannya adalah:

      1. Gastritis/ Peradangan pada lambung
      2. Infeksi usus
      3. Tifus
      4. Infeksi saluran kemih

      Oleh karena itu, untuk memastikan peyebab dari keadaan Anda maka sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksan lebih lanjut. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, USG jika memang diperlukan. Disarankan agar tidak mengkosumsi makanan yang asam pedas dan berlemak. Makan dengan porsi sedikit tetapi sering. Tetap konsumsi makanan yang bergizi. Jangan langsung berbaring setelah makan.

       

      Terimakasih