Tanya Dokter

  • Muntah kekuningan dan terasa pahit saat hamil

  • Hai dok, Saat masa kehamilan saya sering merasakan mual. kadang sampai muntah berwarna kekuningan dan terasa pahit. Itu apa dan mengapa ya dok? Apa hal itu umum dialami oleh bumil lainnya dok?

    Riskiria Yulianti  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Riskiria., Mual dan muntah pada masa awal kehamilan atau morning sickness merupakan keluhan yang biasa dan sering ditemukan akibat perubahan hormonal, umumnya hanya berlangsung selama 14 minggu pertama kehamilan dan berlangsung setiap pagi hari. (baca juga artikel lengkap mengenai perubahan selama hamil 1bulan dan hamil 2 bulan) Namun, perlu dicermati apabila mual dan muntah berlangsung melebihi 14 minggu dan gejala dirasakan sepanjang hari maka mungkin saja kondisi ini merupakan suatu kondisi patologis yang memerlukan bantuan dokter. Kondisi ini dalam istilahmedis dikenal dengan hiperemesis gravidarum (HG).  Beberapa gejala HG antara lain :

    • mual dan muntah parah secara berkepanjangan
    • pusing/ sakit kepala
    • sulit menelan makanan/ minuman
    • sangat sensitif terhadap aroma
    • lemas
    (Baca artikel lengkap tentang hiperemesis gravidarum) Beberapa pencegahan mual dan muntah berlebih selama awal kehamilan antara lain :
    • hindari bau/ aroma yang terlalu menyengat
    • istirahat cukup
    • batasi aktivitas, jangan terlalu lelah
    • ketika mual, konsumsi minuman hangat seperti jahe
    • konsumsi cemilan kering seperti biskuit secara berkala
    Bila mual dan muntah berkepanjangan dan mengarah pada kondisi hiperemesis gravidarum, sangat disarankan untuk memeriksaan diri ke dokter spesialis kandungan. Demikian yang dapat saya jawab, semoga membantu dr. Rico Novyanto

    Sy mual di malam hari, tdk mengalami morning sicknes dok, &sy mual bahkan muntah yg mengeluarkan warna kekuningan&berasa pahit itu memasuki kehamilan 5bl. sbelum 5bln tdk mengalami dok Itu mengapa dok? Akankah berpengaruh pada kandungan dok? Terimakasih atas infonya

    Riskiria Yulianti  dr. Rico N
    Dokter

    Berarti yang anda alami bukan hanya sekedar morning sickness. Apa yang anda alami dalam istilah medis lazim disebut Hiperemesis Gravidarum (HEG / HG), dan ya, mual dan bahkan muntah bahkan hingga bewarna kekuningan dan pahit dapt terjadi pada HEG, bahkan selain yang saya sampaikan diatas, HG dapat pula sampai menyebabkan beberapa masalah pada bumil seperti : - Ptialismus / salivasi berlebihan - kelelahan, kelemahan, dan pusing - gangguan tidur - hiperolfaksi / ketidaknyamanan jika menghidu bau-bauan tajam - disgeusia / perubahan sensasi kecap - cemas dan gelisah - iritabilitas - perubahan / gangguan mood - penurunan daya konsentrasi Secara umum dikatakan bahwa gangguan ini disebabkan kombinasi antara : 1. perubahan hormonal (HCG dan tiroid) 2. disfungsi saluran cerna dan hati 3. psikologis Penyakit ini pada dasarnya bersifat self-limited atau akan hilang dengan sendirinya, umumnya hingga akhir trimester pertama, tetapi gejala dapat bertahan hingga 20-22 minggu dan pada beberapa kasus, hingga persalinan. Mengenai apakah gangguan ini berbahaya, jawabannya adalah ya, gangguan ini dapat menjadi berbahaya jika tidak ditangani dengan benar (terutama pada HEG derajat 2, 3, dan 4). Karena mual dan muntah terus menerus dapat membuat bumil kekurangan cairan, menyebabkan dehidrasi serta gangguan elektrolit hingga. Nafsu makan yang tidak baik juga akan membuat asupan nutrisi menjadi buruk (apalagi jika berat badan bumil sampai turun) dan dapat mengganggu perkembangan janin serta anemia pada bumil. Selain itu, gangguan makan dapat pula menyebabkan gangguan lambung (maag). Pada tingkat lanjut / HG yang sangat berat, karena beratnya kekurangan cairan dan elektrolit, pasien dapat mengalami gangguan hati (mata kuning), menjadi tidak sadar, bahkan kejang. Serta gangguan pada otak janin yang disebut ensefalopati wernicke. Akan tetapi dengan penanganan yang baik, umumnya komplikasi-komplikasi akibat HG dapat dicegah dengan baik. Saya menyarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter agar dokter dapat memilihkan obat anti mual yang sesuai dan aman pada kehamilan sehingga dapat mengurangi gejala yang anda alami. selain saran-saran yang saya sampaikan diatas, perlu juga beberapa upaya untuk menyiasati HG: 1. Makan dalam porsi kecil tapi sering 2. Hindari makanan yang terlalu berminyak dan spicy 3. Sementara hentikan dahulu asupan tablet Fe / besi (zat besi wajib diberikan pada ibu hamil karena sangat penting, tetapi dapat menyebabkan mual) hingga keluhan membaik, dan tablet besi /multi vitamin yang mengandung besi dapat dilanjutkan kembali Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.