Tanya Dokter

  • Mual muntah disertai BAB cair

  •  Fauziah
    Anggota
    Maaf dok saya mau tanya, sebelumnya saya muntah-muntah, mual, mencret, setelah itu 1 hari kemudian saya sudah mendingan tapi perut saya buncit. Saya baca-baca gitu di google kalo keluhan seperti itu terjadinya kehamilan. Sedangkan saya tidak pernah melakukan hubungan intim dok. Itu saya apa penyakitnya dok?

    Hai Fauziah.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Mual, muntah, BAB cair yang anda alami dapat disebabkan karena adanya infeksi pada saluran cerna. Infeksi dapat disebabkan karena infeksi virus (rotavirus) atau bakteri (disentri). Terjadinya keluhan anda ini dapat disebabkan karena makan makanan yang terkontaminasi, konsumsi air yang kurang bersih, atau lingkungan yang kurang bersih. Keluhan dapat disertai dengan demam, tidak enak badan, terasa lemas, ada tanda- tanda dehidrasi, mual. 

    yang perlu anda perhatikan ialah bila BAB disertai lendir atau darah, BAB berwarna kehitaman, anda tidak dapat makan- minum, dan ada tanda- tanda dehidrasi (mulut kering, mata cekung, BAK berkurang). Maka baiknya anda periksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan feses, cek darah. Sehingga dapat diberikan obat yang sesuai penyebab keluhan anda.

    Mual. muntah,mencret disertai perut membuncit tidak selalu berhubungan dengan kehamilan. Terutama anda merasa tidak pernah berhubungan intim. Kehamilan hanya dapat terjadi bila terjadi pertemuan sel telur dan sperma yang dapat terjadi dengan hubungan seksual antara pria dan wanita. Perut yang membuncit dipengaruhi oleh diare yang anda alami. baca: morning sicknesstanda kehamilan

    Beberapa hal yang dapat anda lakukan:

    • Istirahat yang cukup
    • jaga kebersihan makanan dan minuman serta kebersihan lingkungan
    • Konsumsi cukup air putih

      Semoga bermanfaat

       

      dr. Iriyanti