Tanya Dokter

  • BAB berdarah disertai muntah dan menggigil

  • Halo, dok. Saya 2 minggu yang lalu sempat bab berdarah selama 3 hari dan terkadang saya muntah2, lalu setelah 3 hari, tiba2 saya menggigil gak ada penyebab dan badan lemas sekali. Setelah ke dokter, saya dibilang infeksi pencernaan. Lalu setelah 6 hari dr dokter, saya muntah berwarna coklat kehitam2an dan ada gumpalan2 hitam. Setelah itu saya kembali ke dokter yg sama dan di suruh cek darah. Hasil cek darah, HB saya 12,1. Setelah itu hampir seminggu setelah cek darah, kalau saya telat makan, saya kembali muntah2. Itu kenapa ya, dok? Mohon penjelasan dr dokter.

    Halo Yohana,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Apakah Anda kembali mengalami keluhan muntah yag sama, yaitu muntah berwarna hitam, atau muntah biasa? Muntah yang berwarna hitam harus lebih diwaspadai karena hal ini mengindikasikan kondisi kesehatan yang lebih serius. Muntah dapat disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan berikut:

    Di sisi lain, muntah yang berwarna hitam biasanya merupakan gejala perdarahan pada saluran pencernaan atas misalnya perdarahan pada varises kerongkongan atau perdarahan tukak lambung/ tukak usus. Jika keluhan berlanjut, terutama jika Anda kembali mengalami muntah berwarna hitam, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Dokter perlu mengetahui keluhan Anda lebih lanjut dan mengetahui kondisi kesehatan Anda. Dokter juga perlu memeriksa Anda kemudian melakukan serangkaian pemeriksaan lanjutan bila perlu seperti pemeriksaan darah, USG, endoskopi, dan lainnya untuk menunjang diagnosis dokter. Penanganan selanjutnya tergantung pada hasil pemeriksaan dokter. 

    Silakan Anda lakukan juga anjuran berikut:

    • hindari terlambat makan
    • coba makan dalam porsi lebih kecil tetapi lebih sering untuk menghindari mual-muntah
    • hindari makanan pedas, makanaan berminyak
    • hindari minuman berkafein, bersoda, dan beralkohol

    Semoga informasi ini berguna.

    dr. Aloisia