Tanya Dokter

  • Penyebab muntah setelah minum obat

  •  itscaaa
    Anggota
    Dok saya baru saja minum obat antibiotin interdoxin doxycycline 100 mg saya sudah konsumsi selama 3 hari, hari2 sebelumnya tidak terjadi masalah tapi hari ini setelah minum saya langsung mual dan muntah2. Ini kenapa ya dok? Saya punya riwayat maag. Thanks

    Halo Itscaa, 

    Salah satu efek doksisiklin adalah mual dan muntah, tetapi tidak semua orang mengalaminya. Efek samping doksisiklin yang lain adalah perut kembung/begah, sakit perut, ruam/gatal pada kulit, sakit kepala, dan nyeri tenggorokan. Perlu dipastikan apakah mual muntah yang Anda rasakan memang disebabkan oleh obat atau karena penyakit lain yang menjadi alasan Anda meminum obat. Doksisiklin digunakan untuk mengobati infeksi bakteri, misalnya jerawat yang terinfeksi, infeksi saluran kemih, infeksi kelamin misalnya gonore, dan infeksi lainnya. 

    Jika Anda mual setelah meminum obat ini, Anda bisa menyiasatinya dengan tidak meminumnya dengan perut kosong. Minumlah obat ini setelah makan agar tidak terjadi mual dan muntah. Jika mual muntah terus terjadi sebaiknya Anda ke dokter yang meresepkan obat tersebut. Dokter bisa mempertimbangkan untuk memberikan antibiotik jenis lain sesuai penyakitnya yang memiliki efek serupa. 

    Salam, 

    dr. Mega