Tanya Dokter

  • Pengaruh Penyakit Lupus Terhadap Penyakit Myasthenia Gravis

  • pagi dok mau tanya , apakah MG hanya menyerang syaraf saja apakah seperti Lupus yg menyerang organ dalam juga. terus apakah penderita lupus juga bisa kena MG ?? tks dok
    triretni.susanti@gmail.com  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo triretni.susanti,

    Myasthenia gravis merupakan penyakit kronis yang ditandai melemahnya beberapa otot terutama di daerah wajah untuk mengontrol pergerakan mata, wajah, berbicara dan proses mengunyah dan menelan. Gejala dapat memberat saat otot-otot tersebut digerakkan dan membaik setelah diistirahatkan. Penyebabnya sendiri dapat dipicu oleh gangguan penghantaran sinyal saraf menuju otot. Gangguan ini dapat disebabkan oleh gangguan autoimun dimana sistem kekebalan tubuh keliru menyerang jaringan saraf yang sehat pada tubuh.

    Pada myasthenia gravis, kondisi autoimun diduga mempengaruhi hantaran sinyal saraf dengan menghancurkan reseptor di otot sehingga hantaran saraf tidak dapat ditangkap oleh otot sehingga otot akan melemah. selain itu juga kondisi autoimun dipengaruhi oleh kelenjar timus yang menghasilkan antibodi dimana pada penderita myasthenia gravis umumnya mengalami gangguan pada kelenjar timus seperti berukuran besar ataupun terdapat tumor jinak pada kelenjar tersebut.

    Diagnosa myasthenia gravis dapat ditegakkan dengan pemeriksaan dokter ahli saraf melalu wawancara mengenai gejala, pemeriksaan fisik neurologis, dan pemeriksaan penunjang seperti lab darah, elektromiografi, uji pernapasan dan pemindaian dengan MRI atau CTscan pada kelenjar timus. Penanganan myasthenia gravis sendiri melalui obat-obatan untuk meningkatkan kekuatan otot, obat imunosupresor atau kortikosteroid untuk menekan kinerja sistem kekebalan tubuh. dan penanganan lain sesuai berat ringannya kondisi sperti dengan terapi plasmaferesis, terapi imunoglobulin, atau operasi pengangkatan kelenjar timus atau timektomi.

    Gangguan autoimun seperti myasthenia gravis ini juga memiliki kecenderungan untuk mengidap kondisi lain seperti gangguan tiroid ataupun juga kondisi autoimun lainnya seperti lupus atau rheumatoid arthritis.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.