Tanya Dokter

  • Punggung terasa sakit dan sesak napas

  •  Riska Fadilah
    Anggota
    Halo dok, dok saya ini kerja dikantor sehingga terpaksa harus duduk selama 8-9 jam. Saat ini punggung saya terasa sakit dan seperti yang dirasakan nafas saya terasa pendek sampai-sampai seperti kehilangan oksigen, saat seperti itu denyut jantung tiba2 cepat. Bagaimana ya dok cara mengatasinya dan kira kira menunjukan gejala penyakit apa? Terimakasih.

    Halo Riska.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Apabila kita fokuskan kepada kondisi yang Anda alami berupa nafas terasa pendek atau dapat kita sebut sebagai sesak nafas, dimana hal ini merupakan suatu kondisi ketika seseorang kesulitan dalam bernapas atau tidak cukup mendapat asupan udara, maka keadaan ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal.

    Berikut ini beberapa kondisi yang dapat menyebabkan sesak nafas, diantaranya adalah : obesitas, pilek, berolahraga terlalu berat, berada di tempat dengan suhu ekstrim, anemia, asma, sinusitis, tuberkulosis, tekanan darah rendah, gangguan kesehatan pada tulang belakang seperti scoliosis, peradangan pada paru-paru, dengan kegiatan pada jantung, dan lain sebagainya.

    Untuk mengatasi kondisi ini maka haruslah diketahui terlebih dahulu penyebab pastinya. Sedangkan untuk mengetahui penyebab pastinya, maka haruslah dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Oleh karena itu, jika gejala sudah sering Anda alami, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, agar dilakukan pemeriksaan fisik, tes darah, rontgen, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. jati