Tanya Dokter

  • sesak napas disertai pusing dna tubuh lemas

  •  Rian.iang
    Anggota

    Dok maaf sy mau tanya.. Udah 3 hari sy merasa nafas agak sesak,kemudian timbul ada pusing dansekarang timbul ada lemas... Mohon minta pencerahanya dok??

    Hallo Rian Keluhan sesak nafas harus dilakukan pengkajian secara seksama untuk dapat mengetahui apakah yang menjadi penyebab timbulnya rasa sesak tersebut, bagian dada sendiri terdapat banyak anggota tubuh mulai dari kulit, otot dada, tulang-tulang dada, paru-paru, jantung, dan juga saluran pencernaan serta saluran pembuluh darah juga saraf. Adanya rasa sesak di dada seringkali dikaitkan dengan adanya gangguan pada jantung atau paru-paru, padahal beberapa gangguan anggota tubuh didaerah dada juga dapat menyebabkan sesak. Bahkan adanya gangguan dengan dampak menyeluruh (sistemik) juga dapat menimbulkan sesak nafas, misalnya gangguan pada saraf pusat, gangguan keseimbangan asam basa, keracunan suatu zat tertentu, dan lainnya. Jika kelainan medis organ telah dipastikan tidak ada masalah barulah dipikiran kemungkinan adanya gangguan pikiran Berikut beberapa kemungkina penyebab sesak nafas adalah asma, tuberkulosis, pneumonia, gangguan jantung, sakit maag, batuk, pilek, dan lainnya Begitu juga dengan keluhan pusing dan lemas, kondisi tersebut bisa akibat demam, infeksi kuman, keracunan, kelelahan, kurangnya asupan gizi, dan juga faktor pikiran. Jadi jangan ragu untuk memeriksakan diri Anda ke dokter secara langsung, dengan begitu dokter dapat melakukan wawancara medis yang lebih terarah, melakukan pemeriksaan kesehatan dasar, bahkan merencakana pemeriksaan lanjutan seperti test fungsi paru (spirometeri), rekam jantung (EKG), laboratorium darah, dan lainnya jika memang diperlukan Beberapa saran berikut dapat Anda lakukan sebagai penanganan awal

    • Hindari aktivitas fisik yang berlebihan dan terlalu diforsir (dipaksakan)
    • Konsumsi makanan bergizi, dan tidak lupa memeprhatikan kebersihan sumber makanan
    • Makanlah rutin pada saat jam makan yaitu sarapan berkisar jam 06 sampai jam 08, makan siang berkisar jam 11 sampai jam 13, dan jam makan malam yaitu berkisar antara jam 17 sampai jam 19.
    • Hindari kebiasaan tidur terlalu larut apalagi sampai bergadang
    • Segera kedokter jika keluhan malah bertambah berat atau tidak kunjung membaik
    Artikel terkait untuk disimak Semoga bermanfat dr. Arnold