Tanya Dokter

  • Penyebab sering sesak napas

  •  Mega Novia
    Anggota
    Dok sya penah medical chek up trus hemoglobin saya rendah, sekarang klo krja sya sering merasa nafas itu kyak yg gk nyampe n klo d bkin nguap kdang suka jd nympe plong nafas itu, kira2 itu knp yah soal nya tmn2 sya bilng masuk angin, trus kira2 apa obat nya yah trimakasih

    Haii Sdr. Mega Novia,

    Hemoglobin (Hb) rendah mencerminkan suatu kondisi yang kita kenal sebagai penyakit kurang darah atau anemia. Mengulas tentang anemia, WHO menyebutkan bahwa disebut anemia bila Hb laki-laki  dewasa <13 gr/dL, perempuan dewasa tidak hamil <12 gr/dL, dan <11 gr/dL pada wanita hamil. Tidak semua anemia bergejala. Umumnya gangguan baru muncul pada anemia yang tergolong sedang-berat.

    Hemoglobin itu sendiri merupakan suatu komponen yang terikat pada sel darah merah. Fungsi hemoglobin sendiri ialah mengikat oksigen. Sebagaimana kita ketahui bahwa oksigen sangat penting demi kelangsungan hidup sel maupun jaringan tubuh. Secara sederhana, bilamana kita kekurangan hemoglobin, maka oksigen yang diikat juga sedikit, tentu ini akan mengurangi pasokan oksigen ke jaringan tubuh tidak terkecuali otak. Dengan demikian, gejala yang muncul dapat beragam mulai dari lemas, mudah lelah,pucat, mata berkunang-kunang, sulit berkonsentrasi, mudah mengantuk, sesak napas, dan lain sebagainya.

    Saya kurang paham dengan yang Anda maksud "napas tidak sampai". Namun apabila Anda merasakan gejala tersebut seperti sesak napas, tidak menutup kemungkinan ada kaitannya dengan hemoglobin Anda yang rendah. Meskipun begitu, saya tidak mengetahui berapa kadar hemoglobin Anda karena bila masih di atas 10 mg/dL, cenderung jarang menimbulkan keluhan. Untuk itu, berkonsultasilah secara langsung dengan dokter, termasuk mengenai kadar hemoglobin yang rendah tersebut. Bila memang diperlukan, dokter dapat menambahkan tablet besi dan vitamin C untuk meningkatkan kadar hemoglobin Anda tersebut.

    Ada kemungkinan pula bahwa kondisi yang Anda alami tersebut merupakan bagian dari kelelahan akibat aktivitas kerja. Cobalah meluangkan waktu beberapa menit untuk relaksasi tubuh Anda. Berdiri dan lakukan pergerakan tubuh yang ringan. Selain itu, tingkatkan konsumsi air putih untuk hindari kondisi dehidrasi. Hindari begadang dan pastikan makanan yang Anda konsumsi cukup dan bervariasi. Tambahkan daging hati ayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya dalam menu Anda sehari-hari.

    Demikian, semoga bermanfaat

    Terima kasih