Tanya Dokter

  • Penyebab rasa sesak di sekitar dada

  •  Aprista mp
    Anggota
    Halo dok Nama saya Tia, umur 22th Saya mau tanya, jadi saya merasa terkadang nafas tidak plong, jdinya kayak sesak gtu dok. Dan merasa sebah atau sesek di sekitar costa sebelah kiri paling bawah.. Tidak ada nyeri, Dulu pas kecil, saya pernah jatuh terpelesat sampe sesek gak bisa ambil nafas bbrpa detik.. Kenapa ya dok ?

    Terima kasih Aprista mp atas pertanyaannya di forum Alodokter, rasa sesak di sekitar dada dapat disebabkan oleh beberapa keadaan seperti:
    - permsalahan pencernaan
    - masalah pernafasan
    - masalah otot
    - masalah jantung
    - masalah psikis

    Masalah pencernaan merupakan kondisi yang turut dapat menimbulkan rasa sesak pada beberapa pasien. Dimana pada kondisi ini biasanya terjadi akibat adanya akumulasi gas berlebihan pada saluran cerna atau perut kembung. Kondisi perut kembung ini dapat menekan otot pernafasan yaitu diafragma sehingga mungkin hal ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat bernafas, seperti rasa yang tidak lepas atau yang dikenal sebagai sesak. Keadaan ini dapat disebabkan oleh berbagai keadaan dimulai dari pengaruh makanan tertentu hingga masalah pada pencernaan. Namun sebaiknya pada kondisi sesak nafas dapat diperiksakan ke dokter terkait terlebih dahulu guna memastikan kondisi sebelum dapat diberikan suatu penanganan yang terkait.

    Berikut terdapat artikel seputar sesak nafas

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra