Tanya Dokter

  • Penyebab sesak napas

  •  rifkyss
    Anggota
    Assalamualaikum. Selamat malam dokter. Perkenalkan sya rifky dari jember. Ingin bertanya dokter 1. tetangga sya mengeluh sesak nafas dari nafas nya ada bunyi mengi, dan demam itu termasuk penyakit apa ya dokter? 2. Kakek sya umurnya 65 thn beliau terkadang sesak nafas tanpa mengi, badan kursus dan gemar rokok sejak muda. Sering batuk berdahak putih dan tidak demam dokter. Itu kenal penyakit apa ya...dokter. TERIMAKASIH dokter. WASSALAMU'ALAIKUM

    Halo rifkyss.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Pada dasarnya jika kita fokuskan kepada sesak nafas, yaitu merupakan suatu kondisi ketika seseorang kesulitan dalam bernafas atau tidak cukup mendapatkan asupan udara, dapat disebabkan oleh berbagai macam hal.

    Berikut ini beberapa kondisi yang dapat menyebabkan sesak nafas, diantaranya adalah : pilek, alergi, asma, anemia, Sinusitis, tuberkulosis atau TBC, tekanan darah rendah, peradangan pada paru-paru, kanker paru-paru, penyakit paru osbtruktif kRonik, gangguan kesehatan pada jantung, dan lain sebagainya.

    Untuk mengetahui penyebab pasti dari timbulnya sesak napas, maka kami menyarankan kepada tetangga Anda dan juga kakek Anda untuk menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang tetangga dan kakek Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik khususnya bagian dada, tes darah, rontgen dada, rekam jantung, spirometri, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati