Tanya Dokter

  • penyebab bayi meninggal dalam kandungan?

  • pagi dok , saya melahirkan 2bulan yang lalu , itu juga karena bayi saya sudah meninggal dalam perut , 3hari sebelumnya saya posyandu dan diberi nefedipine karena darah saya 150 , ada 2bidan yang memeriksa , kata bidan junior ini makannya harus setengahb, tapi kata yang seniornya satu juga ngga papa , saya nurut aja , sore saya minum dan malemnya saya muntah fan peur terasa panas dan kembung , setelah itu pas periksa bayi saya sudah meninggal , saya juga bengkak sejak usia kandungan 7bulan , sebenarnya apa yang menyebabkan bayi saya meninggal dok ? mohon penjelasannya , saya terus bertanya tanya .

    Rahmalia Nur Leli  dr. Danny
    Dokter

    Hai Rahmalia... Penyebab bayi dalam kandungan meninggal (IUFD/ Intra Uterin Fetal Death) ada banyak kemungkinan :

    • gangguan pada tali pusat misalnya terlilit atau terpilin
    • kelainan bawaan dari bayi
    • placenta terlepas dari dinding rahim (abruptio plasenta)
    • faktor dari ibu misalnya darah tinggi (hipertensi), infeksi, dsb. Pada saat kondisi darah tinggi oksigen ke janin kurang jika tidak mencukupi kebutuhan janin makan bisa terjadi kekurangan oksigen dan dapat meninggal.
    Obat nifedipin adalah merupakan obat darah tinggi yang fungsinya untuk menurunkan tekanan darah. Obat ini aman untuk ibu hamil dan tidak berefek ke janin. Obat ini selain digunakan untuk menurunkan tekanan darah juga digunakan untuk menguatkan kandungan dengan mengurangi kontraksi agar tidak terjadi kontraksi berlebih saat tensi tinggi dan janin keluar sebelum waktunya. Jika Anda kurang yakin dengan kondisi yang baru saja Anda alami segera periksakan kondisi kesehatan Anda dan konsultasikan secaara langsung ke dokter kandungan. baca hal terkait penyebab bayi mati dalam kandungan semoga bermanfaat, terimakasih dr. Danny