Tanya Dokter

  • Penggunaan obat keputihan

  •  Mardian29
    Anggota
    Dok saya keputihan di saranin sama bidan pake obat Neo gynoxa , nah saya bingung cara pakai nya gimana ?? Soalnya saya kurang mengerti. terimakasih.
    Mardian29  Mardian29
    Anggota
    Berarti memakai pantyliner saat keputihan dengan UK 32 minggu ,. tidak boleh ya dok? Saya bingung dok harus gimana,?? Soalnya ini keputihan gatal sekali. Terus di saranin juga pake obat neogynoxa. Saya bingung tidak bisa makai nya gimana ? .. mhon di jelaasin ya semua pertanyaan saya. Maaf ngerepotin dok .Terimakasih sebelumnya.
    Mardian29  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Mardian29,

    Keputihan normal dialami wanita sebagai proses pembersihan vagina dari sel-sel mati dan perlindungan vagina dari iritasi dan infeksi. Tetapi jika terjadi perubahan warna, teksur cairan keputihan, bau, ataupun disertai gejala penyerta lain maka hal tersebut dapat mengindikasikan adanya masalah pada keputihan. Masalah keputihan sendiri dapat timbul akibat infeksi bakteri, infeksi jamur, infeksi parasit ataupun akibat infeksi menular seksual.

    Penanganannya sendiri tentunya disesuaikan dengan penyebabnya, jika penyebabnya adalah bakteri maka akan diberikan antibakteri dan jika penyebabnya adalah jamur maka akan diberikan antifungi sebagai pengobatan. Untuk itu penting untuk mengatahui penyebabnya terlebih dahulu dengan memeriksakan diri pada dokter. Selain menanyakan mengenai gejala yang dialami, dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan sampel cairan vagina, pemeriksaan urine dan juga pemeriksaan lainnya yang diperlukan.

    Obat yang diberikan pada Anda sendiri merupakan obat kombinai untuk mengatasi keputihan akibat jamur dan bakteri atau parasit tertentu. Penggunaannya sendiri tidak boleh pada kehamilan trimester pertama, tidak dianjurkan pada ibu menyusui dan hanya diberikan pada ibu hamil jika benar-benar diperlukan. Obat ini merupakan obat resep yang pemberiannya harus dengan resep dokter dan pemeriksaan dokter terlebih dahulu. Untuk itu sebaiknya Anda memeriksakan diri terlebih dahulu pada dokter atau dokter ahli obstetri dan ginekologi untuk menilai apakah keputihan pada kehamilan Anda merupakan keputihan yang tidak normal dan memerlukan penanganan lebih lanjut atau tidak serta tidak lupa untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim Anda..

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.