Tanya Dokter

  • Nevus atau kanker kulit?

  •  Aulia Darojah
    Anggota

    Salam, Selamat Pagi Dokter. Dok, saya mau bertanya. Di paha kiri saya terdapat sebuah benjolan seperti tahi lalat tapi bukan tahi lalat muncul saat saya duduk dibangku SMK. Diameternya 1 cm. Warnanya hitam kecoklatan dan tepinya tidak merata. Saya sering mengalami nyeri yg sangat Saat usai beraktifitas berat, Terutama tengah malam dan itu bisa berlangsung selama 2-3 jam nyerinya. Itu sangat sakit. Saya selalu mengkonsumsi obat pereda nyeri utk mengurangi rasa nyerinya. Dan saya tdk bisa tdur miring hadap kiri trlalu lama. Krn sakit nantinya. Kadang jg terasa gatal. Sebelumnya saya pernah operasi Fibroma Pedis pd januari 2014. Tp selang 2 minggu operasi, rasa nyeri di paha itu baru terasa. Sy sudah sering berobat ke klinik2 dan bertanya ada yg bilang itu hanya tahi lalat biasa, ada yg bilang tumor jinak, ada yg bilang itu sejenis kanker kulit ada yg bilang nevus pigmentosus. Sy sudah browsing2. Tp sy bingung, sebenarnya ini apa. Jd menurut dokter kira2 yg pastinya nama penyakit ini apa?

    Halo,   Mengetahui kepastian suatu diagnosa penyakit membutuhkan pengambilan riwayat penyakit yang jelas disertai dengan pemeriksaan fisik secara langsung. 2 komponen utama diatas sangat diperlukan untuk menukung diagnosa yang tepat dan akurat. Terkadang dibutuhkan pemeriksaan tambahan seperti biopsi kulit / tahi lalat Anda, tes tumor marker, dll. Jika Anda sangat khawatir maka kami menyarankan Anda untuk memeriksakan tahi lalat Anda ke dokter bedah spesialis bedah tumor. Metode pengangkatan melalui operasi mungkin diperlukan dan bisa ditambahkan dengan memeriksakan hasil tahi lalat tersebut ke bagian laboratorium untuk diperiksa jenis keganasannya. Jika ternyata ganas maka pengobatan tambahan lain akan diperlukan. Benjolan hitam bisa disebabkan karena :

    1. Tahi lalat/ nevi.
    2. Kutil.
    3. Melanoma
    4. Karsinoma sel skuamosa
    5. basalioma
    6. Keratosis
    7. dll.
    Jika benjolan tersebut mudah berdarah, terasa gatal, semakin besar dengan cepat dan Anda memiliki riwayat keluarga dengan kanker dan sering terkena sinar matahari maka pemeriksaan sebaiknya segera dilakukan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi