Tanya Dokter

  • Sulit berkemih dan BAB disertai nyeri pada anus

  •  theabdul
    Anggota
    Alodok, Saya Abdul umur 30th beberapa hari ini saya kesulitan untuk BAK dan BAB. Rasa untuk BAK dan BAB sdh muncul namun tidak langsung dapat dikeluarkan, jika dapat dikeluarkan pun seperti tidak tuntas. Itu diperparah dg adanya rasa ngilu di bawah tulang bokong sebelah kanan dekat anus, rasa ngilu tsb sdikit reda jika sudah buang angin. Kira penyakit apa yg saya derita dan bagaimana pengobatannya?

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Keluhan sulit buang air besar dan buang air kecil dapat disebabkan oleh banyak hal. Keluhan sulit BAB biasanya dapat disebabkan oleh:

    • Konstipasi atau sembelit
    • Ileus atau adanya gangguan pada pasase usus (gangguan kontraktilitas usus atau adanya sumbatan pada usus seperti adanya tumor)
    • Kotoran yang mengeras atau disebut juga skibala
    • Peradangan usus buntu
    • Polip anus

    Untuk keluhan buang air kecil akan sangat kecil kemungkinannya untuk berkaitan dengan keluhan buang air besar tersebut. Biasanya pun bila berhubungan kemungkinan terdapat tumor di dalam saluran pencernaan yang menekan saluran kemih sehingga terjadi keluhan berupa sulit buang air kecil. Selain itu mungkin juga terdapat beberapa kondisi seperti:

    Untuk dapat lebih memastikannya kembali sebaiknya lakukanlah konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis urologi agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mungkin anda akan disarankan untuk menjalani pemeriksaan rontgen atau USG untuk mencari kemungkinan adanya sumbatan baik pada saluran pencernaan ataupun saluran kemih.

    Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

    1. Perbanyak konsumsi air putih setidaknya 2 liter dalam satu hari
    2. Jangan abaikan bila ada hasrat untuk BAB dan BAK. Bila perlu terapkan waktu rutin untuk BAB setiap harinya
    3. Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran dan buah-buahan
    4. Olahraga rutin dan istirahat yang cukup
    5. Manajemen stress yang baik

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati