Tanya Dokter

  • Masih keluar darah setelah 42 hari masa nifas

  •  Fatma rizky
    Anggota
    Selamat siang dokter, Sy masih mengeluarkan darah setelah 42 hari pasca bersalin normal. Warna darah merah terang & pagi ini ad sedikit gumpalan darah hitam ketika BAK. Apakah darah yg keluar msh dikategorikan darah nifas dok? Terima kasih atas infonya

    Hai Fatma,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Nifas terjadi sejak terlepasnya plasenta (ari-ari) hingga seluruh organ reproduksi mengalami involusi (menyusut seperti kondisi saat sebelum hamil). Masa ini bisa berlangsung singkat (kurang dari 1 bulan), namun bisa juga lebih dari itu.

    Lendir nifas (lochia) yang berwarna merah segar umumnya hanya keluar pada masa-masa awal setelah persalinan, yakni 2 hingga 7 hari pertama. Darah ini terbentuk akibat robekan pembuluh darah pasca persalinan, disertai juga sisa selaput ketuban, sel desidua, verniks kaseosa, lanugo, dan juga mekonium. Selanjutnya, lendir nifas akan berwarna kecokelatan, kekuningan, lalu keputihan.

    Lendir berwarna merah segar disertai gumpalan darah kehitaman yang keluar 42 hari pasca persalinan kemungkinan bukan lagi bagian dari nifas. Lendir ini bisa menandakan telah dimulainya siklus menstruasi Anda yang baru. Selain itu, mungkin juga lendir ini berasal dari:

    • Iritasi organ intim, misalnya akibat hubungan seksual, akibat benturan atau garukan
    • Luka bekas robekan perineum yang belum sembuh
    • Hematuria (perdarahan di urin), misalnya karena olahraga berat, infeksi atau batu saluran kemih
    • Keganasan (misalnya kanker serviks, kanker vulva, kanker kandung kemih
    • Efek samping obat, misalnya NSAID, dan sebagainya

    Jika darah tersebut berbau tidak sedap, hanya keluar saat Anda buang air kecil, atau disertai nyeri perut hebat, sebaiknya Anda memeriksakannya langsung ke dokter untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Kemungkinan, dokter akan melakukan tes urin, tes darah, atau USG guna menentukan penyebab perdarahannya, apakah masih normal atau memerlukan penanganan khusus.

    Sementara itu, sebaiknya Anda hindari dulu aktifitas seksual selama masih terjadi perdarahan aktif. Senantiasa jaga kebersihan organ intim Anda dengan baik. Perbanyak minum dan jangan dulu melakukan aktifitas berat.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah