Tanya Dokter

  • Penyebab darah nifas berwarna hijau

  • Dok, 2 minggu yg lalu saya melahirkan anak pertama saya, saya ingin bertanya kenapa yaa akhir2 ini nifas saya berwarna lendir hijau? Apakah itu hal yg normal dok? Dan saya ingin bertanya biasanya luka bekas jahitan di vagina brp lama yaa sembuhnya? Sudah 2 minggu tapi saya merasa luka ini belum mending malah semakin sakit, atau karena dekat dengan ambeyen?

    Halo Jasmine, 

    Darah nifas (lokia) adalah darah yang dikeluarkan selama masa nifas. Sebenarnya darah nifas merupakan lapisan rahim dan darah setelah persalinan yang dikeluarkan tubuh melalui jalan lahir. Umumnya pengeluaran darah nifas berlangsung 2- 6 minggu.

    Berikut beberapa perubahan darah nifas sejak pertama dikeluarkan hingga berhenti :

    • hari pertama - berwarna merah terang hingga merah kecoklatan
    • hari 2-10 - tampak coklat muda hingga merah muda 
    • hari 11-14 - warna merah semakin muda disertai cairan warna putig atau putih kekuningan
    • minggu 3-4 - tampak pucat atau putih krem
    • minggu 6 - semakin sedikit hingga berhenti

    Tidak ada pengeluaran darah nifas berwarna hijau, apalagi disertai bau tidak sedap. Bila Anda mengalami hal ini, besar kemungkinan terjadi infeksi, baik pada rahim ataupun bekas jahitan. Oleh karena itu, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter kandungan yang biasa menangani Anda.

    Dokter akan melakukan pemeriksaan, menentukan penyebab, beserta memberikan penanganan yang tepat. Ikutilah anjuran dokter dan kontrol di waktu yang telah ditentukan. Sambil menunggu pemeriksaan dokter, jaga kebersihan area kewanitaan dengan membilas menggunakan air dan mengeringkannya dari arah depan ke belakang. Di samping itu, sebaiknya hindari penggunaan produk pembersih vagina atau pembalut berparfum, serta gantilah pembalut setiap 3-4 jam atau lebih sering.

    Semoga bermanfaat ya

    dr. Lili