Tanya Dokter

  • menghilangkan nikotin dalam tubuh

  •  Juliananda
    Anggota
    Selamat siang dok, saya mau tanya kalau nikotin yang sudah masuk kedalam tubuh apakah bisa hilang atau dikeluarkan? Soalnya ada yang bilang dengan minum soda nikotin akan hilang. Mohon penjelasanya. Suwun

    Halo. Nikotin yang masuk dalam tubuh, setelah dalam sistem peredaran darah, nikotin dengan cepat akan sampai ke otak, bereaksi dengan sel-sel otak sehingga tercipta rasa yang disebut rasa nyaman. Dibutuhkan 5-15 detik setelah hisapan pertama bagi nikotin untuk bereaksi dalam tubuh (otak) kita. Dalam satu kali merokok, kira-kira 0,031 mg nikotin akan tertinggal dalam tubuh manusia. Nikotin yang tertinggal dalam tubuh, diproses antara lain:

    • dalam organ hati, nikotin (sekitar 80%) akan diproses menjadi kotinin (zat yang tercipta akibat metabolisme nikotin) dengan bantuan enzim tubuh
    • di organ paru-paru, nikotin diubah menjadi kotinin dan nikotin oksidakotinin dapat dikeluarkan melalui urin dan berbau tajam. Kotinin memiliki waktu paruh 24 jam. Artinya, 24 jam setelah merokok, zat kotinin dalam tubuh akan tersisa setengahnya.
    • Nikotin yang tersisa dalam darah akan disaring lewat ginjal dan dikeluarkan melalui urin.

    Tingkat metabolisme nikotin dalam tubuh tiap individu berbeda. Perokok dengan kelainan fungsi enzyme ini biasanya akan merasakan efek nikotin yang lebih besar dari perokok lain pada umumnya. Nikotin juga larut dalam air, dan dibuang melalui hati dan dapat keluar bersama dengan urin. Sebagian besar nikotin dikeluarkan dari dalam tubuh melalui urin. Sebatang rokok yang mengandung 1-3 miligram nikotin membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 8 jam untuk dikeluarkan dari dalam tubuh. Semakin banyak mengkonsumsi nikotin maka akan semakin sulit proses pembuangan nikotin dalam tubuh. Saat berhenti merokok,   tubuh memerlukan waktu 2 hingga 3 hari untuk mengeliminasi nikotin. Akan tetapi karena nikotin dalam beberapa bagian berakhir pada bagian lain tubuh, seperti sel lemak, maka pengeluaran nikotin membutuhkan waktu yang lebih lama. Minuman soda belum terbukti untuk mengeluarkan nikotin dalam tubuh. Untuk mempercepat proses detoksifikasi, berikut yang dapat dilakukan:

    • Konsumsi banyak air putih
    • Beraktivitas fisik, seperti olahraga dapat mempercepat proses metabolisme
    • Konsumsi vitamin C

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S