Tanya Dokter

  • Hasil pemeriksaan darah

  • Halo selamat malam dokter, Saya kemarin ada ngelakuin cek darah lengkap di laboratorium, mau nanya utk hasil seperti ini 1. Leukosit 10,7 dhn nilai rujukan 4-11. 2. Eosinophil 1% nilai rujukan 1-3%. 3. Basofil 0% nilai rujukan 0-1%. 4. Batang 1% nilai rujukan 2-6%. 5. Segmen 66% nilai rujukan 50-70%. 6. Limposit 32% nilai rujukan 20-40%. 7. Monosit 0% nilai rujukan 2-8%. 8. Laju endapn darah 20 ml/jam nilai rujukan 0-15 ml/jam. Jadi gmn menurut dokter sendiri dgn hasil test darah saya dgn nilai batang, monosit dan laju endapan darah tdk sesuai dgn nilai rujukan. Trims

    Halo Ari, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Pemeriksaan darah lengkap utamanya bertujuan mendeteksi keberadaan penyakit. Terutama penyakit-penyakit yang erat terkait dengan darah, misalnya infeksi, kekurangan sel darah merah (anemia), kanker darah (leukemia), gangguan pembekuan darah, serta penyakit gangguan imunitas. Berikut beberapa parameter umum yang dicakup dari pemeriksaan darah lengkap :

    • hemoglobin (Hb)
    • hematokrit (Ht)
    • sel darah merah (RBC)
    • trombosit (platelet)
    • sel darah putih (WBC)
    • laju endap darah

    Sel darah putih sendiri terdiri berbagai jenis sel, antara lain eosinofil, basofil, batang, segmen, limfosit, dan monosit. Biasanya, komponen sel darah putih ini dinyatakan dalam bentuk persentase. Peningkatan persentase secara bermakana dari salah satu komponen tersebut bisa menunjukkan kecenderungan diagnosis penyakit. Sebagai contoh, eosinofil meningkat pada kondisi alergi, segmen meningkat pada infeksi akut, dan sebagainya.

    Tentunya hasil pemeriksaan darah harus dikonfirmasi lagi dengan temuan pemeriksaan fisik oleh dokter. Mengingat hasil laboratorium bersifat sebagai pemeriksaan penunjang, bukan sebagai satu-satunya patokan dalam menegakkan diagnosis. Sedikit peningkatan/penurunan dari nilai normal tidak selalu menandakan bahwa Anda mengidap penyakit tertentu. Sebaiknya selalu konsultasikan hasil pemeriksaan darah dengan dokter yang menangani Anda.

    Demikian, semoga bermanfaat

    dr. Lili