Tanya Dokter

  • sering sesak kalau berolahraga

  • dok mau nanya nih, kan gini yah kalo saya lagi olahraga, saya suka sesak tapi tidak terlalu sih, terus kalo lagi olah raga saya hampir tidak berkeringat, tapi jika saya sudah selesai olahraga badan terasa panas dan baru berkeringat tapi cuma sedikit , apakah itu normal dok? jika tidak bisa berikan solusi utuk mengatasinya tidak?

    Hai,   Olahraga merupakan aktivitas fisik yang membuat kebutuhan oksigen dan energi dalam sel otot / tubuh menjadi lebih tinggi dari biasanya. Hal ini merangsang paru-paru dan jantung untuk bekerja lebih cepat agar dapat memenuhi kebutuhan pasokan oksigen dan energi yang tinggi dengan meningkatkan detak jantung dan frekuensi nafas. Pada titik tertentu dimana jantung dan paru mencapai batas maksimal sementara kebutuhan oksigen dan energi belum tercukupi maka kita akan merasakan sensasi "sesak". Dan biasanya sensasi ini akan menghilang setelah olahraga dihentikan dan kembali mengatur pernafasan dengan baik. Namun Olahraga juga bisa memicu sesak yang menjadi manifestasi penyakit seperti :

    1. Asma = diikuti mengi/ ngik dan tidak membaik jika tidak diberikan pengobatan.
    2. Penyakit jantung = disertai nyeri dada, keringat dingin, rasa lemas, biasa diderita usia > 40 tahun, memiliki riwayat hipertensi, kolesterol, merokok dll.
    Untuk mengetahui apakah sesak yang Anda alami adalah "sesak" yang normal atau sesak karena penyakit maka dibutuhkan pemeriksaan fisik oleh dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan seperti tes darah, EKG, Treadmill test dan spirometri jika perlu. Untuk mengurangi sensasi " sesak" saat berolahraga Anda bisa melakukan :
    1. Lakukan pemanasan yang baik dan cukup
    2. Lakukan intensitas olahraga secara bertahap sesuai kemampuan
    3. Lakukan olahraga yang tidak merangsang sensasi "sesak" seperti Yoga, Pilates, joging, sepeda santai, Tai Chi dll.
    4. Atur pola nafas saat berolahraga dengan baik.
    Badan yang kurang berkeringat saat selesai berolahraga mungkin diakibatkan :
    1. Dehidrasi
    2. Gangguan pada kelenjar keringat
    3. Gangguan pada tiroid
    4. Kondisi tubuh tidak fit
    5. Olahraga kurang intens
    6. dll
    Jika keluhan Anda tidak disertai rasa tidak nyaman pada tubuh maka hal ini bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan, Perbanyak konsumsi cairan saat Anda berolahraga dan pastikan kindisi tubuh Anda fit saat berolahraga.   Semoga membantu.   dr. Yusi