Tanya Dokter

  • Flek coklat saat menstruasi setelah lepas KB

  •  Nayla Mahira
    Anggota
    Assalamu alaikum dok. Saya ibu ani,umur 33 tahun...awalnya setelah melahir kan ank ke 3 saya pake kb susuk..selama pk kb susuk dtg bln sy tdk normal hnya flek2 coklat dn sdkt htm trs kluar drh sdkt,tiap bln sptrt itu,stlh dua tahun brjln sy ganti pk kb suntik 3 bulan..dn itu pn sm,,,lalu bulan desember tahun lalu sy brhnt,tdk pk alt kontrasepsi appn...prtnyaan knp smp skg haid sy msh sprt itu pdhl sdh hmpr setahun sy g pk ap2..apkh flek coklat it normal..krn tdk ada kluhan lain..

    Salam,

    Pada pasien dengan dengan riwayat penggunaan KB hormonal, keluhan gangguan haid merupakan keluhan yang sering ditemui pasien. Keluhan haid ini dapat berupa tidak mengalami haid, darah haid sedikit,flrk,  darah haid lebih banyak, ataupun haid berlangsung beberapa hari saja.

    Begitu pula pada saat pasien melepas pemakaian KB hormonal (pil,suntik, atau susuk), keluhan haid juga masih dapat dirasakan dengan kuluhan yang sama ataupun berbeda. Kondisi ini dapat terjadi sampai 3-12 bulan, bervariasi tergantung masing-masing individu. Dengan demikian, keluhan yang Anda rasakan ini kemungkinan memang merupakan suatu efek Kb yang Anda gunakan sebelumnya. Dan bila sampai keluhan ini menetap sampai akhir bulan desember, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

    Adanya gangguan keseimbangan hormon kewanitaan pada sistem regulasi menstruasi kita dapat menjadi penyebab kondisi ini.

    Dengan berkonsultasi langsung ke dokter kandungan, dokter akan melakukan pemeriksaan dan evaluasi terkait keluhan ini. Pemeriksaan penunjang mungkin akan direncanakan untuk mengetahui penyebab keluhan ini, seperti pemeriksaan darah atau USG. Penatalaksanaan pasien akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu Anda lakukan adalah mengidealkan berat badan, berolah raga rutin, hindari tidur larut malam, dan cukupi kebutuhan gizi sehat.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga diskusi.

    dr. Ulfi