Tanya Dokter

  • Hasil pemeriksaan tiroid

  •  stevanny
    Anggota
    siang dok,be2rapa hari yg lalu saya ambil hasil lab(cek darah)saya belum sempet tnya ke dokter hasil lab nya ft4=9-20,,,,,,tsh=05-25 itu kira2 msih tinggi engga ya...kadar tiroid nya?trus saya di kasih obat ptu dll.itu ngaruh buat ke kandungan gk ya?😢(pengen cpet hamil)tolong di jwb ya dok kirim ke email saya...tq..

    Halo stevanny, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Mengenai hasil laboratorium anda, sebaiknya anda memeriksa kembali apakah angka yang anda cantumkan adalah hasil FT4 dan TSH anda, karena hasil pemeriksaan FT4 dan TSH disebutkan dalam angka yang pasti (misalnya FT4 = 10 pmol/L), bukan dalam jumlah rentang (misalnya FT4 10 - 23 pmol/L) seperti yang anda cantumkan. Selain itu, cantumkanlah satuan yang digunakan pada hasil laboratorium anda, karena berbeda satuan berbeda pula nilai normalnya. Akan lebih baik lagi bila anda juga mencantumkan rentang nilai normal yang tertulis di pemeriksaan laboratorium anda, karena berbeda laboratorium, berbeda alat yang digunakan, berbeda pula rentang nilai normal yang digunakan.

     

    PTU adalah obat antitiroid yang sejauh ini paling aman untuk digunakan pada wanita yang sedang dalam program hamil ataupun dalam kehamilan trimester pertama. Pilihan terapi lainnya yang lebih tidak memiliki efek samping yang dapat anda jalankan adalah terapi dengan radioiodin dan operasi pengangkatan kelenjar tiroid. Namun dengan kedua terapi tersebut, anda akan perlu meminum hormon tiroid seumur hidup anda. Anda dapat mendiskusikan kembali dengan dokter yang merawat anda perihal terapi terbaik untuk anda bila anda menginginkan terjadinya kehamilan.

    Kadar hormon tiroid yang tidak normal (baik lebih tinggi atau lebih rendah) dapat menyebabkan terjadinya infertilitas atau sulit hamil. Oleh karena itu, ada baiknya anda melanjutkan pengobatan anda dan memeriksakan diri ke dokter anda secara rutin hingga kadar hormon tiroid anda normal terkontrol dengan obat (biasanya setiap 4-6 minggu hingga kadar hormon tiroid terkontrol).

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia