Tanya Dokter

  • Berat badan anak usia 1 tahun

  •  Assalamualaikum...malam dok, saya mau bertanya tentang anak saya. anak sy baru memasuki umur 1 tahun bb 8,5 bulan lalu wkt msih 11 bln bb jg sm 8.5. apakah itu normal do, makasih.

     

    Halo Nur,

    Terimakasih atas pertanyaanya di Alodokter. Untuk mengetahui apakah pertumbuhan anak Anda masih dalam batas normal atau tidak Anda harus memplotkan berat badan anak Anda ke dalam kurva pertumbuhan anak yang biasanya terdapat pada buku kelahiran atau kartu KMS apabila Anda sering kontrol setiap bulannya ke posyandu atau dokter anak Anda.

    Status gizi seorang anak juga lebih valid bila dilihat dari perbandingan antara berat badan dan panjang badan, sehingga bisa diketahui apakah anak Anda mengalami gizi kurang normal atau bahkan gizi lebih.

    Namun bila dilhat dari riwayat kenaikan berat badan anak Anda yang tidak naik dalam satu bulan terakhir dapat disebabkan banyak hal seperti anak sakit, anak sulit makan, anak yang terlalu aktif sehingga asupannya kurang, dll.

    Apabila dalam satu bulan tidak mengalami kenaikan berat badan akibat hal tersebut masih dapat dikatakan hal yang wajar, namun apabila dalam 2 bulan tidak mengalami kenaikan berat badan sehingga memotong garis pertumbuhan pada kurva petumbuhan dapat dikatakan anak Anda gagal tumbuh.

    Apabila Anda merasa khawatir dengan kondisi anak Anda, dapat berkonsultasi langsung denga dokter anak Anda.

    Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

    salam,

    dr. yuniar