Tanya Dokter

  • Apa kondisi pasangan saya ini normal?

  •  Meta Imutz
    Anggota

    Pagi dok maaf saya mau tanya. Saya menikah sudah 5 tahun. Sudah ck medis,hsil yg di dapat suami saya masalh dengn sepermanya lemah dn encer sudah berbagai macam obat kami konsumsi dr medis sampe herbal sampe capk blm ada hasil jg sampe sekang. Ini pertanyaan saya .belakangn ini saya baru sadar kalo buah Zakar suami tu ridak sma satu besar dn satu kecil. Ketaknya pun yg bsar di bawah dn yg kecil di atas. Apa unu mormal dn ini yg menyebabkan ketidak normalan pada kualitas seperma suami saya???

    Hai Meta Cairan mani yang encer dapat dipengaruhi faktor usia, frekuensi ejakulasi, makanan dan minuman. Untuk memastikan kesuburan dari kondisi sperma diperlukan pemeriksaan analisa sperma di laboratorium di sekitar Anda. Analisa sperma dapat menilai:

    • Keadaan cairan mani
    • Jumlah sperma
    • Pergerakan sperma
    • Bentuk sperma.
    Selain pada pria, juga diperlukan pemeriksaan pada wanita. Pada wanita dapat dilakukan pemeriksaan USG dan juga HSG (histerosalpingografi) untuk melihat keadaan rahim, indung telur dan salurannya. Pada keadaan normal, salah satu testis memang posisinya dapat lebih rendah dan paling sering yang lebih rendah adalah testis sebelah kiri. Selain posisi, ukuran testis kanan dapat sedikit lebih besar daripada yang kiri. Namun untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter dan bila perlu dilakukan pemeriksaan USG pada testis untuk mengetahui apakah ada kelainan atau tidak pada testis. Untuk informasi tambahan, mengenai tes kesuburan dapat Anda baca pada link berikut ini: Mandul atau tidak? Pastikan dengan tes kesuburan. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william