Tanya Dokter

  • Nyeri perut yang sudah 3 bulan tidak kunjung sembuh

  •  uyhiie
    Anggota

    dok, saya mau tanya...

    saya seorang wanita. kenapa setiap bangun tidur perut saya serasa nyeri? bahkan lebih lama saya tidur nyeri itu juga semakin lama. misalkan saya tidur selama 2 jam, maka perut saya nyeri selama 10 menit. tetapi bila saya tidur 6jam, nyeri itu terasa hampir satu jam.

    saya sudah periksa, hasilnya kram perut yang akan segera sembuh. tapi sampai sekarang sudah 3bulan belum sembuh juga. mohon bantuannya dok. gejala apa ini??

    Hai Nyeri perut seperti kram saat bangun tidur yang sudah berlangsung kronis, mungkin disebabkan oleh penyakit yang dinamakan irritable bowel syndrome. Gejalanya antara lain:

    • Nyeri perut mulas,kembung.
    • Perubahan pola buang air besar: bisa mencret atau sulit BAB. Tapi kebanyakan lebih sering mencret. Mencret biasanya terjadi pada pagi hari saat bangun tidur, saat atau sesudah sarapan.
    Penyebab pasti dari irritable bowel syndrome ini belum diketahui. Namun diperkirakan akibat dari stress psikologis, makanan, hormonal dan infeksi. Kejadian penyakit ini lebih sering pada wanita. Penyakit lain yang dapat menyebabkan nyeri perut antara lain: Untuk memastikannya sebaiknya Anda berkonsultasi lagi ke dokter, dan bila perlu dilakukan pemeriksaan seperti endoskopi. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william