Tanya Dokter

  • Sakit dada dan punggung pada penderita tbc

  •  Tuan Muda
    Anggota

    Hai dok, Sakit dada dan punggung pada penderita tbc sudah biasakah dok? Saya sudah minum obat 3 minggu tapi dada dan punggung saya masih sakit malahan pindah dari kanan ke kiri.apakah karena saya masih tahap penyembunan?

    Hai Salah satu efek samping dari obat tuberkulosis (TBC), yaitu pirazinamide dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah sehingga menyebabkan nyeri pada persendian, ini merupakan hal yang normal terjadi. Untuk mengurangi gejala nyeri biasanya diperlukan pengobatan dengan pereda nyeri atas anjuran dari dokter. Proses keberhasilan pengobatan TBC terlihat dari gejala klinis dimana batuk berkurang, berat badan meningkat, keadaan umum yang membaik, serta dari pemeriksaan penunjang adanya perbaikan pada foto rontgen dada dan menjadi negatif hasil dahak yang tadinya positif. Tidak dapat dilihat dari gejala pegal atau tidak. Walaupun adanya gejala pegal, sebaiknya Anda tetap melanjutkan pengobatan sampai tuntas sambil berkonsultasi pada dokter Anda bila muncul gejala, jangan menghentikan sendiri pengobatan tanpa anjuran dari dokter. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Pirazinamide Pengobatan tuberkulosis. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william