Tanya Dokter

  • Kemaluan terasa nyeri ketika akan buang air kecil

  •  Dandy
    Anggota
    Selamat malam dokter. Izinkan saya untuk bertanya Kemaluan saya kalau mau kencing ataupun tidak itu terkadang terasa linu/nyeri. Itu disebabkan karna apa ya dok ? Dan apa yang sebaiknya saya lakukan untuk mencegah hal tersebut ?

    Halo Dandy......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa nyeri atau sakit pada saat buang air kecil, paling sering disebabkan oleh karena infeksi saluran kemih ( ISK ).

    ISK sendiri merupakan suatu infeksi yang terjadi pada saluran kemih yang terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Penyebab dari infeksi saluran kemih adalah bakteri E. coli di anus yang mengontaminasi saluran kemih.

    Selain oleh karena infeksi saluran kemih, kondisi yang Anda alami dapat juga disebabkan oleh karena : batu saluran kemih, penyakit menular seksual, trauma atau luka pada saluran kemih, tumor saluran kemih, penggunaan obat - obatan yang mengiritasi saluran kemih.

    Jika kondisi ini masih saja Anda rasakan sampai saat ini, maka kami sangat menyarankan untuk segera menemui dokter, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut khususnya tes urin, sehingga penanganan yang tepat dapat segera diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, jagalah selalu kebersihan organ intim, hindarilah untuk menahan keinginan buang air kecil, minumlah air putih minimal 2 Liter perhari, pakai celana dalam yang Longgar dan terbuat dari bahan Katun, ganti celana dalam minimal satu kali sehari.

    Klik Artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    INFEKSI SALURAN KEMIH

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. jati