Tanya Dokter

  • Nyeri pada vagina bagian atas sebelah kiri

  •  Asma Chaniago
    Anggota

    Haloo Dokter,

    Salam kenal, saya Ama 26th (menikah)

    Dok, kemarin saya ditabrak motor yang kecelakaan. Tubuh saya sebelah kiri sakit semua tulangnya, dan baru terasa keesokan hari nya yaitu hari ini. Termasuk bagian atas vagina sebelah kiri saya agak sakit, nyeri tulangnya gitu dok. saya agak sulit deskripsikannya..  apa dokter tau gejala seperti ini karena apa? dan cara penanggulangannya bagaimana?

    Saya punya riwayat di RS akibat penebalan dindin rahim , dan sudah pernah dilakukan tindakan kuretase untuk dicek jaringannya , saya pun terapi 3 bulan untuk disuntik Tapros, tetapi tidak ada hasil dan saya berhenti untuk terapi sampai sekarang ( kuret bulan mei 2014, sampai bulan agustus'14 terapi ).

    Banyak issue mengenai penebalan dinding rahim dok, dan akibat itu saya takut berobat ke dokter karena takut dilakukan tindakan yang sebenarnya ada penanganan selain tindakan medis yang berat.

    Saya harap dokter bisa kasih solusi yang saya butuhkan.

     

    Best Regards,

    Ama

    Hai Asma Nyeri pada bagian atas vagina dengan riwayat kecelakaan, kemungkinan nyeri tersebut akibat cedera pada daerah tersebut, misal terkena ligamen, otot, tulang panggung misal pada saat jatuh terduduk. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan langsung, untuk melihat apakah adanya bengkak, memar, dsb. Untuk mengurangi nyeri, yang dapat Anda lakukan antara lain:

    • Mengompres dingin pada daerah yang nyeri atau memar
    • Mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen bila tidak ada kontraindikasi.
    Bila nyeri tidak berkurang atau semakin memberat, sebaiknya Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan langsung. Penebalan dinding rahim (endometrium) tidaklah bergejala nyeri pada vagina melainkan banyaknya jumlah serta lamanya menstruasi yang berkepanjangan. Terkadang dapat disertai nyeri saat menstruasi. Penebalan dinding rahim sebagian besar disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal, oleh sebab itu pengobatan yang diberikan adalah obat yang mengandung hormon untuk mengaturnya. Darah menstruasi terjadi akibat pelepasan dinding rahim (endometrium) sehingga semakina tebal maka semakin banyak darah yang keluar. Tindakan kuret dilakukan untuk mengurangi penebalan dinding tersebut, sehingga menstruasi yang banyak berkurang sekaligus untuk dilakukan biopsi untuk mengetahui tipe dari penebalan dinding rahim tersebut. Diskusi mengenai penebalan dinding rahim dapat Anda ikuti pada link berikut ini: Penebalan dinding rahim. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william