Tanya Dokter

  • Nyeri bagian dada kanan bawah

  • Selamat pagi dok,  saya mau tanya nih. Jadi gini dok, pacar saya kemaren ngeluh sakit dibagian dada kanan bawah ya sekitaran tulang rusuk yang paling bawah, nyeri gitu kayak di tekan pake jari gitu. Kerasa sakitnya udah dari dari 5 hari yang lalu, kira kira itu kenapa ya dok? Terus ada solusinya engga ya dok, hehe. Udah itu aja sih. Terimakasih dokter

    Hai Lita, Nyeri dada sebelah kanan pada dasarnya dapat diakibatkan oleh berbagai kemungkinan penyebab berikut ini:

    Solusi yang tepat untuk mengatasi keluhan yang dialami pacar Anda tentunya akan sangat tergantung pada penyebabnya. Bila keluhan terus berlanjut ada baiknya pacar Anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Melalui pemeriksaan fisik dan tes penunjang jika diperlukan (seperti X-Ray, tes darah, CT Scan dan sebagainya) dokter akan menelusuri penyebabnya dan menentukan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi dasarnya. Berikut ini anjuran bagi pacar Anda:
    • Beristirahat cukup dan mengurangi kegiatan yang berat
    • Batasi aktivitas fisik atau gerakan tubuh yang memerlukan kekuatan otot dada (mendorong, menarik, mengangkat beban berat dan sebagainya)
    • Makan secara teratur, jangan terlambat makan
    • Hindari konsumsi makanan yang terlalu pedas, asam, berlemak, atau menimbulkan gas
    • Jangan langsung berbaring setelah makan
    • Hindari konsumsi kafein, alkohol dan rokok
    • Meminimalisir stres
    Informasi berikut ini dapat berguna: Penyebab nyeri dada sebelah kanan Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman