Tanya Dokter

  • Nyeri di bagian telapak kaki

  •  Nhie Nhie
    Anggota

    Malam dok, sy berusia 30 thn. beberapa minggu ini sy sering kesakitan pd telapak kaki bagian tengah menusuk kadang smpe sy teriak kesakitan. Kadang d atas motor smpe tdk tahan menjerit. Tapi berlangsung tdk lbh dr 1 menit.. ilang smpe kadang selisih jam kadang smpe hari2 berikut ru kmbli kumat. Apa yang terjadi ya dok. Sblmx makasih byk atas perhatiannya ya dok. GB

    Hai,   Nyeri pada telapak kaki bagian tengah kaki bisa disebabkan karena terjadinya peradangan pada jaringan di telapak kaki. Kasus tersering nyeri pada bagian telapak kaki biasanya disebabkan karena fasciitis plantaris yaitu peradangan pada selaput otot di bagian telapak kaki akibat faktor penggunaan berlebih terhadap jaringan tersebut akibat usia, terlalu banyak berdiri, kaki datar dll. Namun nyeri pada telapak kaki juga bisa disebabkan :

    1. Adanya callus pada telapak kaki.
    2. Trauma pada kaki
    3. Gangguan pada tulang kaki.
    4. Gangguan pada sendi kaki
    5. Dll.
    Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda maka pemeriksaan akan diperlukan. Beberapa tes medis seperti usg sendi kaki , fotoX-Ray dll juga mungkin diperlukan untuk mengetahui dengan pasti penyebab keluhan Anda. Penanganan akan disesuaikan dengan jenis penyebab keluhan Anda. Beberapa langkah mengurangi rasa nyeri yang bisa Anda lakukan antara lain :
    1. Mengistirahatkan kaki yang sakit.
    2. Memberikan kompres dingin ke bagian kaki yang nyeri.
    3. Meminum obat pereda nyeri seperti paracetamol.
    4. Melakukan stretching ringan pada kaki sebelum turun dari tempat tidur.
    5. Hindari menggunakan sepatu refleksi yang memiliki tonjolan.
    6. Menggunakan insol ( sol tambahan yang lunak) pada sepatu dan sendal Anda.
    Jika nyeri berlanjut maka periksakan diri Anda ke dokter ortopedi sesegera mungkin. Semoga membantu.   Dr. Yusi