Tanya Dokter

  • Bahu pegal-pegal dan terasa kaku disertai nyeri pada leher

  •  hm
    Anggota

    selamat malam dok, bahu saya selalu terasa pegal2 dan kaku, apakah  ini ada pengaruhnya dengan tidur menggunakan bh? leher saya juga terasa nyeri juga saya miringkan kepala saya ke arah kanan. atau apakah ini kolestrol? terima kasih banyak dok :)

    hm  hm
    Anggota

    sarah17 November 25, 2016 at 8:41 pm selamat malam dok,sudah lama bahu saya selalu terasa pegal2 dan kaku , apakah ini ada pengaruhnya dengan tidur menggunakan bra? leher saya juga terasa nyeri juga saya miringkan kepala saya ke arah kanan. atau apakah ini kolestrol? terima kasih banyak dok :)
     

    hm  dr. Danny
    Dokter

    Hai. Dari keadaan yang anda alami, rasa pegal dan kaku daerah bahu dan leher disertai dengan nyeri saat menggerakkan kepala ke arah kanan mungkin dapat disebabkan karena suatu muscle sprain / tegang otot. Tegang otot dapat terjadi pada otot bahu. Jika terjadi tegang pada otot sekitar bahu dan leher maka biasanya akan menyebabkan rasa pegal dan sakit, serta juga dapat terasa nyeri jika menggerakkan kepala ke kiri atau kanan. Tegang otot daerah leher biasanya terjadi karena posisi stasis dalam jangka waktu yang lama seperti misalnya bekerja di depan komputer terlalu lama, atau tidur dengan posisi kepala miring dalam waktu yang lama. Menggunakan BH pada saat tidur biasanya tidak menyebabkan rasa nyeri pada bahu dan leher. Tetapi selain itu, keadaan yang anda alami dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

    • saraf terjepit
    • gangguan pada tulang daerah leher
    • kadar kolesterol atau trigliserida tinggi
    • darah tinggi
    • penyakit jantung
    • dll
    oleh karena itu, untuk memastikan penyebab dari keadaan anda sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, rontgen, EKG, atau CT Scan jika memang diperlukan. disarankan agar anda berolahraga secara teratur. Lakukan peregangan pada pagi hari. Hindari bekerja di depan komputer terlalu lama, lakukan peregangan jika sudah terlalu lama bekerja. Anda dapat melakukan pemijatan ringan pada daerah bahu. Hindari konsumsi makanan berlemak dan jeroan. Jangan merokok dan istirahat cukup. berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Nyeri daerah pungggung semoga bermanfaat. Terimakasih dr. Danny