Tanya Dokter

  • nyeri perut saat diet

  •  Dhanyy
    Anggota

    Hallo dok. Sy Triatni. Sy memiliki tinggi bdan 150cm dan brat badan 55, umur 16. Bdan sy terlihat gemuk maka dari itu saya mencoba untuk diet. 3 hari sy tdk mengkonsumsi nasi, tapi masih konsumsi sayur dan lauk. Kemarin, sy mngkonsumsi mangga muda saat sore. Pagi tadi prut bagian tengah bawa saya terasa melilit nyeri sekali. Sy sdah mengkonsumsi obat nyeri dan anti maag tetapi sampai skarang masih nyeri bahkan saat sy buang air kcil dan brjalan pun trasa sakit sekali. Padahal bsok sy hrus praktek renang. Ini efek apa dok? Efek diet atau mangga muda? Apa kegiatan renang bisa sy lakukan? Apa solusinya dok?

    Mohon jwbann scpatnya dok

    Dear Dhanyy, Terima kasih atas pertanyaannya. Sebelum melakukan program penurunan berat badan, alangkah baiknya jika Kamu mengukur Indeks Massa Tubuh (IMT) terlebih dahulu, yaitu perbandingan antara berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter kuadrat. Berikut adalah IMT Kamu: 55/ 1.5 kuadrat = 24.44 IMT dikatakan normal berkisar antara 18.5-23 (Asia Pasifik), jadi benar bahwa Kamu mengalami kelebihan berat badan. Selanjutnya, lakukanlah langkah berikut untuk menurunkan berat badan:

    • Konsumsi makanan sehat secara tepat waktu, hindari melewatkan jam makan, makanlah dengan frekuensi sering tetapi porsi kecil, Makan tidak teratur akan membuat Kamu semakin lapar sehingga nantinya porsi makan menjadi jauh lebih besar
    • Konsumsi buah dan sayur minimal 5 porsi dalam sehari, atau secara ideal 7-9 porsi. Kamu dapat menjadikan buah dan sayur menjadi camilan sehat
    • <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">Pilih karbohidrat, seperti roti, nasi, sereal, kentang dan pasta sebagai sepertiga dari porsi makan. Jenis terbaik adalah yang terbuat dari biji utuh</span>
    • <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">Pilih sumber protein rendah lemak, seperti ikan. </span><span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">Pilihan lain adalah telur, daging unggas, produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.</span>
    • Batasi daging berlemak, makanan yang digoreng, makanan yang asin, makanan dan minuman manis, makanan siap saji
    • Bergerak lebih aktif, misalnya olah raga rutin 3 x seminggu selama 45 menit
    Jadi, meskipun Kamu dalam keadaan diet, konsumsi makanan dengan menu seimbang sangat penting. Tidak disarankan hanya mengonsumsi buah dan sayur. Selain asupan kalori tidak akan seimbang untuk memenuhi aktivitas sehari-hari, mengonsumsi buah yang asam dalam keadaan perut kososng tentunya dapat memicu peningkatan produksi asam lambung yang kemudian dapat terjadi berbagai gangguan pencernaan. Lakukanlah langkah penurunan berat badan di atas. Panduan diet berikut dapat Kamu praktekkan: Menu Makan Malam Anti Gemuk Menu Diet Sehat Kamu dapat tetap berenang selama Kamu mengonsumsi makanan dengan menu seimbang. Sekian semoga bermanfaat. dr.Annes