Tanya Dokter

  • Nyeri dada

  •  nabilabila17
    Anggota
    Dok, saya sering tidur menghadap kekiri dan tidak berubah posisinya lalu ketika bangun tidur membuat dada kiri saya terasa nyeri, tidak disertai sesak nafas dan akan menghilang dalam beberapa hari atau jika saya merubah posisi tidur telentang. Namun kalau saya kembali tidur menghadap ke kiri nyeri dada itu akan muncul lagi. Bagaimana cara mengatasinya dan apakah iti berhubungan dengan jantung?

    Halo nabilabila17.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami dengan keluhan utama berupa nyeri dada yang khususnya dirasakan pada sebelah kiri, bisa saja dikarenakan oleh cedera fisik pada dada seperti otot yang meregang atau saraf yang tertekan pada saat Anda tidur.

    Akan tetapi selain oleh karena cedera, kondisi nyeri dada yang Anda alami dapat saja disebabkan oleh : serangan jantung, angina, banyaknya gas yang terdapat di dalam usus, penyakit asam lambung / GERD, peradangan pada paru-paru / pneumonia, peradangan pada selaput di sekitar paru - paru / pleuritis, stres psikologis.

    Jika sampai saat ini kondisi nyeri dada yang Anda alami masih saja dirasakan, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Dokter kemungkinan akan melakukan beberapa macam pemeriksaan terkait masalah ini, yang meliputi : Pemeriksaan fisik khususnya dada, tes darah, rontgen dada, rekam jantung / EKG, dll., sehingga penyebab pasti dari Timbulnya keadaan ini diketahui, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

    Klik Artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    NYERI DADA

    Demikian penjelsan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati