Tanya Dokter

  • Nyeri dada tengah

  •  Bona Marthin
    Anggota
    Siang Dok. Saya berusia 29 Thn, 104kg, 170 cm. Saya mau tanya, dada saya sdh lebih 3 hari sering nyeri, terkadang dibagian tengah, kadang dibagian kiri dan bagian punggung belakang dada. Jika menarik nafas panjang terasa nyeri dan jika bagian kulit bagian nyeri ditekan terasa sakit. Dan denyut nadi / detak jantung sering cepat terjadi sewaktu habis makan, apalagi sampai kenyang. Apa hal ini berhubungan dengan masalah jantung ?

    Halo Bona.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada dada atau yang dalam dunia medis disebut sebagai chest pain, memang dapat saja dipicu oleh karena gangguan kesehatan pada jantung.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh : peradangan pada tulang rawan yang menyambungkan tulang dada dengan tulang rusuk, penyakit asam lambung, serangan panik atau kecemasan, gangguan kesehatan pada paru-paru, batu empedu, dan lain sebagainya.

    Jika sampai saat ini sakit pada dada masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam, dan mendiskusikan masalah ini, agar dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, rontgen dada, rekam jantung / EKG, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati