Tanya Dokter

  • Nyeri dada bagian tengah saat minum/makan

  • Halo dok,akhir2 ini saya merasa nyeri dada bagian tengah. Saat minum atau makan bahkan nafas panjang dada saya sering nyeri. Penyebabnya apa ya dok dan untuk meminimalisirnya rasa nyeri nya bagaimana

    Halo Nadia, teima kasih atas pertanyaannya. Dada merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki organ yang punya peran besar pada tubuh kita. Nyeri pada dada bisa disebabkan oleh gangguan organ-organ tersebut. Nyeri pada dada bisa disebabkan oleh :

    Nyeri pada dada patut diwaspadai adanya serangan jantung. Namun serangan jantung biasa terjadi pada usia di atas 45 tahun dengan faktor risiko penyakit jantung lainnya. Nyeri pada gangguan jantung biasanya bersifat tiba-tiba dan muncul pada saat beraktifitas. Nyeri terasa seperti tertindih benda sangat berat, nyeri bisa menjalar ke lengan kiri serta leher. Nyeri pada gangguan jantung biasanya mereda saat istriahat.

    Namun nyeri dada bisa juga disebabkan oleh gangguan lambung. Nyeri pada gangguan lambung ini seringkali disalahartikan sebagai nyeri dada akibat gangguan jantung. Nyeri yang timbul ini diakibatkan iritasi dari dinding lambung. Selain itu pada maag sering kali disertai perut yang kembung, perut yang kembung akan menyebabkan tekanan dalam perut tinggi sehingga dada akan terasa seperti sesak dan sulit menarik napas.

    Namun sebaiknya nyeri dada yang menetap segera diperiksakan ke dokter terdekatk. Dokter mungkin akan melakukan serangkaian pemeriksaan yang diperlukan untuk menentukan penyebab dari keluhan yang Anda alami. Untuk menghindari terjadinya masalah lambung  dan menjaga saluran pencernaan Anda tetap sehat, Anda dapat melakukan :

    • istirahat cukup 5-6 jam setiap hari
    • kelola stres dengan baik
    • pola makan teratur
    • hindari konsumsi makanan asam, pedas dan berlemak
    • konsumsi air putih yang cukup

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa