Tanya Dokter

  • Nyeri dada tiba-tiba

  •  Risa Ivansari
    Anggota
    Selamat malam dok, saya mau tanya. Setelah saya makan malam, selang beberapa menit tiba-tiba dada saya terasa nyeri, rasanya panas dan sakit seperti ditusuk. Kira-kira itu kenapa? Padahal sebelumnya saya tidak pernah mengalami hal seperti ini. Terima kasih.
    Risa Ivansari  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Risa,

    Nyeri dada yang timbul tiba-tiba dapat disebabkan oleh beberapa penyebab seperti:

    Untuk itu perlu diperhatikan karakter, letak nyeri dada, pencetus yang memperberat gejala, dan juga yang memperingan gejala. Jika nyeri dada timbul seperti menjalar di dada kiri, nyeri dada tidak dapat di lokalisir, rasa menembus hingga punggung, keluar keringat dingin, dan juga kesulitan bernapas hal tersebut perlu segera dilakukan penanganan di fasilitas kesehatan karena dapat berhubungan dengan masalah jantung.

    Jika tidak perhatikan apa nyeri dada timbul menetap dan perhatikan juga makanan yang Anda konsumsi berikutnya apakah makanan tersebut dapat mengiritasi lambung dan membuat peningkatan asam lambung seperti makanan berlemak, makanan bersantan , minuman berkafein atau lainnya. Jika ya hal tersebut dapat disebabkan oleh gangguan pada lambung. Untuk  memastikannya periksakan diri pada dokter dimana nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan juga penunjang seperti pemeriksaan lab darah, rekam jantung, foto rontgen ataupun juga pemeriksaan endoskopi untuk menilai kondisi saluran pencernaan.

    Upayakan untuk tidak tiduran atau rebahan 30 menit setelah makan, menghindari makanan yang pedas, belemak dan bersantan, serta hindari minuman atau makanan berkafein untuk mencegah gejala timbul kembali. Minum lebih banyak air dan juga hindari stres dapat membantu untuk mengatasi gejala. Anda juga dapat mengonsumsi Antasida untuk mengurangi gejala yang timbul.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.